Analisis Pendekatan Saintifik pada Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 7 “Indahnya Keragaman Negeriku” Revisi Tahun 2017
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.393Kata Kunci:
: Pendekatan Saintifik, Buku Siswa, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk melihat kesesuain pendekatan saintifik pada buku siswa kelas 4 SD Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku revisi 2017. Tujuan dilakukannya penelitian ini karena pada analisis awal di pembelajaran 5 sub tema 1 ditemukan belum adanya komponen saintifik menanya dan mengkomunikasikan. Metode yang digunakan dalam penelilian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel data yang digunakan seluruh pembelajaran di setiap sub tema. Pemngumpulan data dilakukan dengan menggunakan Instrumen yang berpedoman pada Permendikbud nomer 22 Tahun 2016 yang berisi 5 komponen pendekatan siantifik mengamati, menanya mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa pendekatan saintifik sudah cukup lengkap namun terdapat pendekatan saintifik yang kurang lengkap. Untuk pendekatan saintifik paling banyak yaitu keterampilan mengamati. Setiap pembelajaran yang terdapat disetiap sub tema sudah ada. Untuk pendekatan saintifik yang pailing sedikit yaitu keterampiilan mengkomunikasikan. Untuk itu perlu adanya dilakukan revisi untuk Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya keberagaman di Negeriku.
Unduhan
Referensi
Azhar, A. (2018). PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 7(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3319
Daryanto. (2014.). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Daud, D. (2019). Peningkatan Belajar siswa kelas VI SDN Sidoarjo melalui pendekatan saintifik materi pokok menulis peristiwa menggunajan aspek 5w+1H. 4, 1–7.
Dewi, M. P., & Taufina. (2020). ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER, DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC | Ruminiati | Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Retrieved October 30, 2020, from SEJ (School Education Journal) Vol. 10 No. 1 Juni 2020 website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1310/676
Hatch, J. A. (2002). Doing qualitative research in education settings. State University of New York: State University of New York Press, Albany.
Hermawan, A., & Rahayu, T. S. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 467–475. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I2.386
Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Perkuliahan Aljabar Matrik. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 04(01), 927–932. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2222
Izzuddin, A. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan Dasar. AS-SABIQUN, 3(1), 45–63. https://doi.org/10.36088/ASSABIQUN.V3I1.1313
Lesmana, Y. Y., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Kegiatan Menulis Teks Puisi di Kelas IV Sekolah Dasar (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SD Negeri Mangkubumi dan SD Negeri 2 Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 121–132. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12811
Limiansih, K. (2016). ANALISIS BUKU: APAKAH KEGIATAN DI BUKU SISWA KELAS IV SD KURIKULUM 2013 TELAH MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK? N Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN FKIP UNS (115–137), 115–137. Retrieved from n Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN FKIP UNS (115–137)
Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113
Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). ANALISIS BUKU TEKS MUATAN TEMATIK INTEGRATIF, SCIENTIFIC APPROACH, DAN AUTHENTIC ASSESSMENT SEKOLAH DASAR. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1). https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7181
Pity Asriani, Cholis Sa’dijah, S. A. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468. https://doi.org/10.1016/j.tpb.2007.01.005
Pramana, N. M. G., Sriasih, S. A. P., & Gunatama, G. (2019). ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTS KELAS VII DENGAN KARAKTERISTIK SISWA KELAS VII A7 DI SMPN 1 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/JJPBS.V8I1.20238
Prihadi, B. (2014). Penerapan Langkah-Langkah Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013. In House Traning Implementasi Kurikulum 2013 Di SMPN 8 Kota Pekalongan Tanggal 23-24 Mei 2014, 1–8.
Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah Di SMAN 3 Bandung. Edulib, 5(1). https://doi.org/10.17509/EDULIB.V5I1.2307
Ruminiati, R., & Andajani, K. (2017). ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER, DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC. In Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan (Vol. 25). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1310
Sani, A. H. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Dan Kaitannya Dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. P.M-9, 57–62.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). Retrieved from http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(12), 1629–1638.
Yulianto, A., Saintifik, P., Mengembangkan, U., Disiplin, K., Tanggung, D., Siswa, J., … Jawab, T. (2018). PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2). https://doi.org/10.17509/MD.V13I2.9307
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.