Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Model Kooperatif Learning Tipe Index Card Match pada Mata Pelajaran IPS

Penulis

  • Supriyati Supriyati MTs Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.394

Kata Kunci:

peningkatan, prestasi, pembelajaran, kooperatif, ICM

Abstrak

Sekolah sebagai tempat proses belajar mempunyai kedudukan yang sangat penting  dalam  dunia pendidikan. Dalam proses belajar mengajar tersebut guru menjadi pemeran pendamping dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa  dengan siswa  dan sumber serta media pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Walisongo Kaliori Rembang tahun pelajaran 2019 / 2020. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkanbahwa persentase  hasil belajar siswa yang memperoleh nilai dengan kualifikasi amat tinggi sebesar 22,73% atau sebanyak 5 siswa, kualifikasi tinggi sebesar 63,64% atau 14 siswa dan siswa yang memperoleh nilai  dengan kualifikasi sedang sebesar 13,63% atau sebanyak 3 siswa dan nilai rata-rata hasil belajar adalah 85,68, jadipersentase nilai perolehan siswa yang mencapai kualifikasi baik mengalami peningkatan sebesar 63,89%, sedangkan jumlah siswa yang belum mencapai kualifikasi baik mengalami penurunan sebesar 36,11%.Dari hasil penelitian dan pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Kegiatan pembelajaran IPS dengan melalui Pembelajaran Kooperative Learning TipeIndex Card Macth dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII MTs Walisongo Kaliori Rembang tahun pelajaran 2019 / 2020 dengan baik, (2) Meningkatkan Prestasi siswa kelas VIII MTs Walisongo Kaliori Rembang tahun pelajaran 2019 / 2020 dalam materi pergerakan kebangsaan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kemendikbud. Tim. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk MTS Kelas VIII. Revisi, Pusat Kurikulum dan Pebukuan, Balitbang, Kemendikbud. Jakarta

BKS MGMP IPS , Tim. 2021. Ilmu Pengetahuan Soisal, MGMP IPS Rembang.

Anni,Catharina Tri,dkk.2004.Psikologi Belajar. Semarang. UPT MKK UNNES.

Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineksa Cipta .Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta

Dimyati dan Mujiono.2010.Belajar dan Pembelajaran.PT Rineka Cipta. Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineksa Putra.Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Psikologi Belajar. Rineksa Putra. Jakarta

Felder, Richad M.1994. Cooperative Learning In The Technical Course (online),

Hamalik, Oemar.2002.Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.Jakarta

Hamruni.2011. Strategi Pembelajaran.Pustaka Insan Madani.Yogyakarta

Nasution, S.2003.Dedaktik Asas-Asas Belajar. Bumi Aksara

Sanjaya,Wina.2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan.Kencana Prenada Media. Bandung

Sardiman.2003.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Sardiman.2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Siberman,Melvin L.2006.Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nusa Media.Bandung

Slavin, E. Robert.2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek.Nusa Media.Bandung

Sudjana, Nana.1996.Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algasindo. Bandung.

Suprijono, Agus.2012. Cooperative Learning .Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-23

Cara Mengutip

Supriyati, S. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Model Kooperatif Learning Tipe Index Card Match pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 39–46. https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.394