Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Model Kooperatif Learning Tipe Index Card Match pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.394Kata Kunci:
peningkatan, prestasi, pembelajaran, kooperatif, ICMAbstrak
Sekolah sebagai tempat proses belajar mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Dalam proses belajar mengajar tersebut guru menjadi pemeran pendamping dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan sumber serta media pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Walisongo Kaliori Rembang tahun pelajaran 2019 / 2020. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkanbahwa persentase hasil belajar siswa yang memperoleh nilai dengan kualifikasi amat tinggi sebesar 22,73% atau sebanyak 5 siswa, kualifikasi tinggi sebesar 63,64% atau 14 siswa dan siswa yang memperoleh nilai dengan kualifikasi sedang sebesar 13,63% atau sebanyak 3 siswa dan nilai rata-rata hasil belajar adalah 85,68, jadipersentase nilai perolehan siswa yang mencapai kualifikasi baik mengalami peningkatan sebesar 63,89%, sedangkan jumlah siswa yang belum mencapai kualifikasi baik mengalami penurunan sebesar 36,11%.Dari hasil penelitian dan pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Kegiatan pembelajaran IPS dengan melalui Pembelajaran Kooperative Learning TipeIndex Card Macth dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII MTs Walisongo Kaliori Rembang tahun pelajaran 2019 / 2020 dengan baik, (2) Meningkatkan Prestasi siswa kelas VIII MTs Walisongo Kaliori Rembang tahun pelajaran 2019 / 2020 dalam materi pergerakan kebangsaan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Unduhan
Referensi
BKS MGMP IPS , Tim. 2021. Ilmu Pengetahuan Soisal, MGMP IPS Rembang.
Anni,Catharina Tri,dkk.2004.Psikologi Belajar. Semarang. UPT MKK UNNES.
Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineksa Cipta .Jakarta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta
Dimyati dan Mujiono.2010.Belajar dan Pembelajaran.PT Rineka Cipta. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineksa Putra.Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Psikologi Belajar. Rineksa Putra. Jakarta
Felder, Richad M.1994. Cooperative Learning In The Technical Course (online),
Hamalik, Oemar.2002.Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.Jakarta
Hamruni.2011. Strategi Pembelajaran.Pustaka Insan Madani.Yogyakarta
Nasution, S.2003.Dedaktik Asas-Asas Belajar. Bumi Aksara
Sanjaya,Wina.2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan.Kencana Prenada Media. Bandung
Sardiman.2003.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
Sardiman.2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
Siberman,Melvin L.2006.Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nusa Media.Bandung
Slavin, E. Robert.2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek.Nusa Media.Bandung
Sudjana, Nana.1996.Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algasindo. Bandung.
Suprijono, Agus.2012. Cooperative Learning .Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.