PEMBELAJARAN VAN HIELE DENGAN MEDIA KERTAS ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Kata Kunci:
Van Hiele, Media Origami, hasil belajar matematikaAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kanor II dalam proses pembelajaran dapat diketahui melalui nilai tes siswa, masih banyak siswa yang belum tuntas. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menggunakan model pembelajaran Van Hiele dengan media Kertas Origami untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes, lembar observasi, dan lembar angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kanor II dengan jumlah siswa 11 anak.Peningkatkan hasil belajar ditunjukkan dari ketuntasan klasikal sebesar 27.27% pada pra siklus menjadi 63.63% di siklus 1 dan 100% di siklus 2. Aktivitas guru sebesar 72.5% di siklus 1 menjadi 92.5% di siklus 2. Aktivitas siswa sebesar 67.27% di siklus 1 menjadi 92.04% di siklus 2. Respon siswa terhadap model pembelajaran Van Hiele dengan media Kertas Origami memberikan respon positif dari setiap siklus terbukti persentase rata-rata total jawaban TS 4.04% pada siklus 1 dan 2.02% pada siklus 2.
Unduhan
Referensi
Aisyah, dkk. (2008). Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pembelajaran Matematika SD 3 SKS. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Ajizah, Nurul. (2011). Penerapan Teori Van Hiele untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sub Pokok Bahasa Segiempat Siswa Kelas X RPL 1 (Rekayasa Perangkat Lunak 1) Semester Genap SMK Negeri 1 Tanggul Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi: Universitas Jember.
Akbar, Sa’dun. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Arifin, Zainal. (2009). Membangun Potensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendekia.
. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahtiar, Reza Syehma. (2013). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Lingkungan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Vol 1 (2)
Depdiknas. (2007). Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI, tentang Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika SD.
Haryono, Ari Dwi dan Erna Febru Aries. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Teori & Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing.
Munadi, yudi. (2012). Media Pembelajaran. Ciputat-Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetens, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Setyo. (2006). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian-Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Utomo, Dwiyono Hari. (2011). Pendidikan IPA SD. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Werdiningsih, Ratna Sulistyowati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Konsep Bangun Ruang dengan Menerapkan Teori Van Hiele untuk Kelas 5 SD Negeri Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.