PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.429Kata Kunci:
Abad 21, Media Pembelajaran, Power Point Interaktif, SaintifikAbstrak
Abad ke-21 adalah era globalisasi dengan ciri-ciri adanya saling keterbukaan dan ketergantungan antar negara. Akibat adanya saling keterbukaan dan ketergantungan ditambah dengan arus informasi yang sangat cepat maka kompetensi antar negarapun akan semakin ketat. Kehidupan global merupakan tantangan sekaligus peluang untuk memperoleh kesempatan bagi pembangunan ekonomi. Saat inilah diperlukan adanya peningakatan mutu pendidikan guna menciptakan SDM yang berkualitas. Pada abad 21 ini SDM yang dibutuhkan adalah yang memiliki kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, berkreativitas, dan berpikir kritis. Melalui pengembangan media pembelajaran SD diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Tujuan penyusunan rancangan ini adalah untuk membuat inovasi pendidikan khususnya yaitu pada proses pembelajaran melalui pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif melalui pendekatan saintifik pada siswa SD. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development. Dengan penyusunan rancangan inovasi pendidikan diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
Andriani, M. R., & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria, 6(1), 143-158.
Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1-6.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurkulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31-41.
Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD AIZA Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2).
Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).
Ridho, D. (2015). Penerapan model problem based learning menggunakan media exe learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa pada materi hidrokarbon (Doctoral dissertation, UNIMED).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Turiman, Punia, dkk. (2011). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences 59 ( 2012 ) 110 – 116.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.