PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.435Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Inovatif, Animasi, Siswa SDAbstrak
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang juga berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran akan meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan kesenangan dalam kegiatan belajar. Dalam meningkatkan motivasi seorang siswa, terlebih dahulu harus menciptakan kesenangan dalam belajar, di mana dalam menciptakan kesenangan siswa yaitu dengan menggunakan media yang interaktif dalam pembelajaran, salah satunya yaitu media video animasi. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) atau biasa disebut dengan metode R&D yaitu metode yang dilalkukan untuk mengembangkan sebuah produk. Dengan demikian, dilaksanakannya penelitian ini dapat mencapai tujuan penelitian yaitu mengembangkan produk media pembelajaran video animasi sebagai media pembelajaran inovatif yang layak digunakan dalam pembelajaran pada siswa SD kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan. Validasi guru menunjukkan skor rata-rata 90% dalam kategori sangat layak, dan uji coba siswa kelas III SD menunjukkan skor rata-rata 94,5% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan nilai yang diperoleh maka media pembelajaran berupa video animasi sebagai media pembelajaran inovatif layak digunakan pada siswa kelas III sekolah dasar dan memberikan perubahan terhadap peningkatan motivasi belajar pada siswa.
Unduhan
Referensi
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Flanio, J. F. (2013). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM: Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Gegerkalong KPAD Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Munawaroh, L. (2015). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 Pada Konsep Sistem Peredaran Manusia. (Skripsi). Sekolah Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Viviantini, V. (2015). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 6 Kayumalue Ngapa. JSTT, 4(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.