PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Raida Yulia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.435

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Inovatif, Animasi, Siswa SD

Abstrak

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang juga berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran akan meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan kesenangan dalam kegiatan belajar. Dalam meningkatkan motivasi seorang siswa, terlebih dahulu harus menciptakan kesenangan dalam belajar, di mana dalam menciptakan kesenangan siswa yaitu dengan menggunakan media yang interaktif dalam pembelajaran, salah satunya yaitu media video animasi. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) atau biasa disebut dengan metode R&D yaitu metode yang dilalkukan untuk mengembangkan sebuah produk. Dengan demikian, dilaksanakannya penelitian ini dapat mencapai tujuan penelitian yaitu mengembangkan produk media pembelajaran video animasi sebagai media pembelajaran inovatif yang layak digunakan dalam pembelajaran pada siswa SD kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan. Validasi guru menunjukkan skor rata-rata 90% dalam kategori sangat layak, dan uji coba siswa kelas III SD menunjukkan skor rata-rata 94,5% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan nilai yang diperoleh maka media pembelajaran berupa video animasi sebagai media pembelajaran inovatif layak digunakan pada siswa kelas III sekolah dasar dan memberikan perubahan terhadap peningkatan motivasi belajar pada siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81-90.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Flanio, J. F. (2013). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM: Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Gegerkalong KPAD Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Munawaroh, L. (2015). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 Pada Konsep Sistem Peredaran Manusia. (Skripsi). Sekolah Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Viviantini, V. (2015). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 6 Kayumalue Ngapa. JSTT, 4(1).

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-26

Cara Mengutip

Yulia, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 89–96. https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.435