E-MODUL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI ERA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Wahyu Sulistyorini SMA Negeri 2 Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.481

Kata Kunci:

E-Modul, Pembelajaran Jarak Jauh, keterampilan berpikir kritis, pandemic Covid-19

Abstrak

Best Practice ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan modul elektronik (e-modul) dalam pembelajaran Biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tuban materi Struktur dan Fungsi Sel di era pandemic Covid-19, Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah ini  adalah metode wawancara terhadap satu kelompok dalam periode waktu tertentu dengan menggunakan satu intervensi yaitu penggunaan modul elektronik (E-modul) materi struktur dan fungsi sel.

Hasil wawancara secara daring dengan menggunakan aplikasi teams dengan peserta didik rata-rata ada respon positif, sangat senang dan dengan adanya E-modul karena fokus dalam mempelajari satu Kompetensi Dasar (KD), banyak gambar-gambar warna sehingga lebih menarik dan juga sangat jelas gambar serta keterangannya, begitu juga dengan latihan soalnya yang disertai dengan kunci jawaban sehingga mudah untuk dipahami dan peserta didik dapat menjelaskan kegiatan-kegiatan pembelajaran berpikir kritis misalnya diberikan gambar organel sel peserta didik dapat mendeskripsikan struktur dari gambar yang ada serta menjelaskan fungsinya, dari tugas-tugas yang ada peserta didik juga lebih mudah memahami konsep tentang struktur dan fungsi selCara berpikir siswa juga mengalami perubahan, siswa tidak hanya menghafal materi tetapi lebih memahami materi hal ini terlihat dari hasil diskusi pada saat pembelajaran daring dan dari hasil penilaian harian yang rata-rata diatas KKM, meskipun masih ada beberapa yang masih dibawah KKM. Hal-hal yang perlu diperbaiki, peserta didik belum membuka modul, karena pada saat itu yang di kirim adalah link, kemungkinan tidak bisa dibuka karena beberapa kendala diantaranya paketan habis, sinyal terganggu atau tidak ada internet di rumah. Melihat kondisi seperti itu pendidik mengubah mengirimkan file agar mudah untuk dibuka dan dipelajari. E-modul ini kapan saja dan dimana saja bisa dibuka. Penggunaan E-modul ini sangat efektif dalam masa pandemi seperti sekarang ini, pemahaman konsep lebih mudah, kemampuan berpikir kritis juga ditekankan, sehingga dapat disimpulkan bahwa E-modul dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik dan mendapatkan respon positif dari peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah.

Dit. Pembinaan SMA, 2018,Tips dan Trik Penyusunan e-Modul. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fourlilla, & Fauzi, A. (2019). Develop Analysis With Electronic Modules. J. Phys. Ser : Conf. Ser., 011(085), 0–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012106

Kemdikbud RI. (2016). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Kemdikbud.

Mubarok, A. A., Arthur, R., & Handoyo, S. S. (2018). Penggunaan Pembelajaran Elektronik Mata Kuliah Konstruksi Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 1–8. Perdana, F. A.,

Ronaldo Pozon, (2020). Buka-bukaan: Pemimpin Pendidikan Di Masa Krisis, The Head Foundation.

Simarmata,A.A. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2 Tabanan, Jurnal Karmapati, 6 (1): 93-102.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Penerapan Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-26

Cara Mengutip

Sulistyorini, W. (2022). E-MODUL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 97–102. https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.481