Asas Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Cerita Rakyat Bengkulu

Penulis

  • Muhammad Asip Universitas Negeri Yogyakarta
  • Fera Dwidarti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Voettie Wisataone Universitas Negeri Yogyakarta
  • Likus SDN 15 Bengkulu Selatan

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v8i1.588

Kata Kunci:

Asas Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Cerita Rakyat

Abstrak

Cerita rakyat merupakan warisan budaya yang menyimpan banyak makna baik secara tersirat dan tersurat. Departemen pendidikan dan kebudayaan tahun 1982 menerbitkan buku berjudul “Cerita Rakyat Daerah Bengkulu” dengan 20 cerita didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan asas-asas pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam cerita rakyat Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik studi dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kritis. Cerita rakyat yang memuat banyak nilai-nilai kehidupan manusia, termasuk didalamnya nilai-nilai pendidikan. Ki Hajar Dewantara adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia yang menggagas lima asas pendidikan untuk Indonesia. Adapun cerita rakyat Bengkulu yang memuat asas pendidikan Ki Hajar Dewantara sebanyak 20 cerita.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Burhanuddin, A., Huda, N., Khoeroni, F., Miftah, M., Musawamah, M., Farmawati, C., Falah, A., Taubah, M., In, M., & Choir ad, A. (2021). Ki Hadjar Dewantara’s Thought About Holistic Education. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(10), 589–611.

D. Soeratman. (2005). Ki Hajar Dewantara. Departemen Pendidikan Dan kebudayaan.

Dependikbud. (1982). Ceritera Rakyat Daerah Bengkulu. Departemen Pendidikan Dan kebudayaan.

Dewantara, K. H. (1962). Kerja I (Pendidikan). Pertjetakan Taman Siswa.

Harsoyo, Y., Wigati Retno Astuti, C., & Rahayu, C. W. E. (2019). Competency and values of local wisdom of high school principals. Cakrawala Pendidikan, 38(3), 565–577.

Haryadi, & Zamzani. (1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Depdikbud.

Henricus, S. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara dan sumbangnya bagi pendidikan di Indonesia. Filsafat, 2(1), 1–25.

Masitoh, S., Ardianingsihb, F., & Roesminingsihc, E. (2020). The Actualization of Ki Hajar Dewantara’s Character Values at the Center for Local Wisdom: Developing Educational Sciences at Unesa’s Faculty of Education. Global Conferences Series : Social Sciences , Education and Humanities ( GCSSSEH ), 4, 387–395.

Mudyaharjo, R. (2001). Pengantar Pendidikan-Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak. Gajah Mada University Press.

Samho, B. (2013). Visi pendidikan Ki Hajar Dewantara, tantangan dan relevansinya. Percetakan Kanisius.

Semi, A. (1988). Anatomi Sastra. Angkasa Raya.

Sumaatmadja, N. (2002). Pendidikan pemanusiaan manusia manusiawi. Alfabeta.

Suwaryanto, T. (2008). The educational philosophy of Ki Hajar Dewantara: naturalistic and humanistic education in analytical comparison. De La Sale University.

Triwiyanto, T., Suyanto, & Prasojo, L. D. (2019). The thoughts of ki hadjar dewantara and their implications for school management in the industrial era 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 197–208.

Wahjudi, D. (2018). Ki Hajar Dewantara. Cempaka Putih.

Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. November, 8–10.

Warsito, R., Wijayanti, S., & Wiyata, S. (2018). The relevance of the noble values of Ki Hajar Dewantara’s teachings to the developed culture and nation character. International Conference on Education, 1, 124–130. https://doi.org/10.18502/kss.v1i3.768

Wiryopranoto, S., Herlina, N., D., M., & Tangkilisan, Y. B. (2017). Ki Hajar Dewantara pemikiran dan perjuangannya. In Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 1).

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-30

Cara Mengutip

Asip, M., Dwidarti, F., Wisataone, V., & Likus. (2023). Asas Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Cerita Rakyat Bengkulu. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.55719/jt.v8i1.588