PENGARUH REAL LABORATORY DAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN AWAL BERBEDA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Penulis

  • Mawadur Rohmah UNIWA KEDIRI
  • Suhadi Ibnu
  • Endang Budiasih

Kata Kunci:

real laboratory, virtual laboratory, pemahaman konsep, kemampuan awal

Abstrak

Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi yang terdapat beberapa konsep sulit sehingga harus disampaikan menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan model pembelajaran learning cycle 5E menggunakan real laboratory dan virtual laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E (LC 5E) menggunakan real laboratory dan virtual laboratory dengan kemampuan awal berbeda pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu Factorialized (2x2) Version of Non-equivalen Design dengan pengambilan sampel melalui teknik availability sampling. Sampel penelitian adalah siswa SMAN 2 Malang kelas XI MIA 4 (real laboratory) dan kelas XI MIA 5 (virtual laboratory). Instrumen terdiri dari RPP dan bahan ajar (instrumen perlakuan) serta soal tes pemahaman konsep (instrumen pengukuran). Analisis data dilakukan dengan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah. Namun pemahaman konsep peserta didik dengan kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan menggunakan real laboratory memiliki nilai lebih tinggi daripada menggunakan virtual laboratory, sebaliknya pemahaman konsep peserta didik dengan kemampuan awal rendah yang dibelajarkan menggunakan virtual laboratory memiliki nilai lebih tinggi daripada menggunakan real laboratory.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-05-09

Cara Mengutip

Rohmah, M., Ibnu, S., & Budiasih, E. (2019). PENGARUH REAL LABORATORY DAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN AWAL BERBEDA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 83–97. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/67