PENGGUNAAN METODE MODELLING WRITING MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RECOUNT SISWA KELAS X DI SMAN 1 TUBAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Kata Kunci:
Modeling writing, recount textAbstrak
Kurikulum bahasa Inggris 2013 untuk SMA dan MA menyatakan bahwa belajar bahasa Inggris bertujuan untuk mengembangkan kompetensi siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Ini mengacu pada kompetensi menguasai genre, memahami dan memproduksi beberapa jenis teks, termasuk teks recount. Bahkan, siswa menemukan kesulitan dalam menggali ide-ide mereka dan merumuskannya dengan kosa kata yang cukup untuk membangun teks sebagai struktur umum dan fitur bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui penulisan model. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilakukan pada Oktober 2017 hingga Juni 2018 di SMA Negeri 1 Tuban dengan 36 siswa kelas X diambil sebagai sampel. Analisis dokumen, tes dan wawancara semi-struktur dilakukan untuk mengumpulkan data. Angket diberikan kepada siswa, dan wawancara semi terstruktur diberikan kepada siswa, dan dengan teknik kualitatif dan analisis dokumen untuk menganalisis data yang diperoleh. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat langkah; perencanaan, bertindak, mengamati, dan refleksi. Dalam siklus 1, pemodelan penulisan oleh guru di depan kelas mengikuti keterlibatan melalui kegiatan menulis: tingkat kata, tingkat kalimat dan menulis di seluruh tingkat. Pada siklus 2, siswa harus melakukan tindakan yang sama seperti siklus pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat setuju dengan implementasi penulisan model karena proses pembelajaran berjalan lebih menyenangkan dan membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris mereka dan membangun teks lebih mudah baik dalam kelompok maupun secara individu.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.