The purpose of this study is to ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KOTA JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v8i1.697Kata Kunci:
Analisis Evaluasi, Pembelajaran BiologiAbstrak
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran,dan cara guru memastikan bahawa evaluasi memberikan dampak nyata bagi perkembangan belajar. Sasaran dalam penelitian ini adalah sekolah MA Matholi’ul Huda Bugel. Evaluasi pembelajaran pada hakikatnya bertujuan untuk perbaikan mutu belajar oleh karenanya evaluasi sangat penting dilakukan. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan prinsip keseluruhan. kesinambungan dan objektivitas. pemberian motivasi belajar adalah salah satu cara agar hasil belajar siswa semakin optimal.Selain pembelajaran teori mata pelajaran biologi juga menggunakan pembelajaran praktikum, dengan ini guru dapat mengamati bagaimana perkembangan belajar siswa dari berbagai aspek sehingga keduanya hasil dapat dijadikan tolak ukur bagi guru untuk memastikan bahwa evaluasi pembelajaran memberikan dampak nyata bagi perkembangan belajar dan bukan sekedar memenuhi syarat administrasi.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2013. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hasanah, U., Prasetyo, T.I., dan Lukiati, B. 2015. Analisis Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Biologi Kelas X Semester Genap 2013/2014 Di SMAN Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 7(1): 39-46.
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Riadi, Akhmad. 2017. Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15 (28).
Sadikin, Ali. 2018. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi. Jambi: Universitas Jambi.
Suryaningsih, Yeni. 2017. Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana. Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal BIo Education 2(2) 49-57.
Tusturi, R., HR, M., & Victoria, L. 2017. Peran Guru dalam Mengatasi kesulitan Belajar Siswa di SD 10 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(4) 127-132.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.