The purpose of this study is to ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KOTA JEPARA

Penulis

  • Ahmad Ahmad Khoirudin UIN Walisongo Semarang
  • Niken Rossiana Puspitasari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v8i1.697

Kata Kunci:

Analisis Evaluasi, Pembelajaran Biologi

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran,dan cara guru memastikan bahawa evaluasi memberikan dampak nyata bagi perkembangan belajar. Sasaran dalam penelitian ini adalah sekolah MA Matholi’ul Huda Bugel. Evaluasi pembelajaran pada hakikatnya bertujuan untuk perbaikan mutu belajar oleh karenanya evaluasi sangat penting dilakukan. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan prinsip keseluruhan. kesinambungan dan objektivitas. pemberian motivasi belajar adalah salah satu cara agar hasil belajar siswa semakin optimal.Selain pembelajaran teori mata pelajaran biologi juga menggunakan pembelajaran praktikum, dengan ini guru dapat mengamati bagaimana perkembangan belajar siswa dari berbagai aspek sehingga keduanya hasil dapat dijadikan tolak ukur bagi guru untuk memastikan bahwa evaluasi pembelajaran memberikan dampak nyata bagi perkembangan belajar dan bukan sekedar memenuhi syarat administrasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. 2013. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasanah, U., Prasetyo, T.I., dan Lukiati, B. 2015. Analisis Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Biologi Kelas X Semester Genap 2013/2014 Di SMAN Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 7(1): 39-46.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Riadi, Akhmad. 2017. Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15 (28).

Sadikin, Ali. 2018. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi. Jambi: Universitas Jambi.

Suryaningsih, Yeni. 2017. Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana. Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal BIo Education 2(2) 49-57.

Tusturi, R., HR, M., & Victoria, L. 2017. Peran Guru dalam Mengatasi kesulitan Belajar Siswa di SD 10 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(4) 127-132.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-24

Cara Mengutip

Ahmad Khoirudin, A., & Rossiana Puspitasari, N. (2023). The purpose of this study is to ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KOTA JEPARA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 33–38. https://doi.org/10.55719/jt.v8i1.697