PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DI SMP PLUS AL MALIKI BOJONEGORO

Penulis

  • Asih Hidayah IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Muhammad Zainudin

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.70

Kata Kunci:

Keywords: Learning Outcomes, Problem Solving, Mathematical Learning, Problem Solving

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP PLUS AL-MALIKI Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilaksanakan dengan tes, wawancara, catatan lapangan, dan observasi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII A dengan jumlah siwa 20 orang dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 70% menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran problem solving  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP PLUS AL-MALIKI Bojonegoro.

 

Kata kunciHasil Belajar, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika, Problem Solving

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain.
Dimyati, & Mudjiono. (1994). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Polya, George. (1985). How To Solve It 2nd ed. New Jersey: Princeton University Press.
Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori Belajar. Jakarta: Erlangga Press.
Utari Sumarno, dkk. (1994). Suatu Alaternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siawa SMP. Bandung: Pendidikan Matematika FPMIPA Bandung.
Polya, George. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second Edition). New Jersey: Princeton University Press.
Suherman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Mbulu, J. (2001). Pengajaran Individual. Malang: Yayasan Elang Mas.
Thobrani, Muhammad dan Arif Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nur, F. F., Mardjuki, & Sutopo. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Pemanfaatan Blog Siswa Pada Materi Nilai Mutlak dan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1-7.
Pranata. (2005). Pengertian Problem Solving. http://phisiceducation09.blogspot.com

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Hidayah, A., & Zainudin, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DI SMP PLUS AL MALIKI BOJONEGORO. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 97–104. https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.70