PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DI SMP PLUS AL MALIKI BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.70Kata Kunci:
Keywords: Learning Outcomes, Problem Solving, Mathematical Learning, Problem SolvingAbstrak
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP PLUS AL-MALIKI Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilaksanakan dengan tes, wawancara, catatan lapangan, dan observasi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII A dengan jumlah siwa 20 orang dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 70% menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP PLUS AL-MALIKI Bojonegoro.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika, Problem Solving
Unduhan
Referensi
Dimyati, & Mudjiono. (1994). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Polya, George. (1985). How To Solve It 2nd ed. New Jersey: Princeton University Press.
Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori Belajar. Jakarta: Erlangga Press.
Utari Sumarno, dkk. (1994). Suatu Alaternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siawa SMP. Bandung: Pendidikan Matematika FPMIPA Bandung.
Polya, George. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second Edition). New Jersey: Princeton University Press.
Suherman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Mbulu, J. (2001). Pengajaran Individual. Malang: Yayasan Elang Mas.
Thobrani, Muhammad dan Arif Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nur, F. F., Mardjuki, & Sutopo. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Pemanfaatan Blog Siswa Pada Materi Nilai Mutlak dan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1-7.
Pranata. (2005). Pengertian Problem Solving. http://phisiceducation09.blogspot.com
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.