The Pengaplikasian Metode K-W-L untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Di Kelas III

Pengaplikasian Metode K-W-L untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Di Kelas III

Penulis

  • Fenny Alya Romadhona Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Jauharoti Alfin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.715

Kata Kunci:

Keterampilan Pemahaman Membaca, Metode K-W-L

Abstrak

Aneksasi keterampilan pemahaman membaca siswa sangat membantu keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar  siswa, sehingga keterampilan membaca harus dikuasai oleh siswa yang duduk dibangku sekolah dasar. metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes, dan wawancara. Proses observasi dimaksudkan untuk memperoleh  respon dari subjek dan objek penelitian terhadap berlangsungnya proses pembelajaran. Proses wawancara bertujuan untuk memperoleh data yang lebih rinci perihal pengaplikasian metode K-W-L. Pada teknik tes untuk memperoleh sejauh mana peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah menggunakan metode K-W-L materi Bahasa Iindonesia. Teknik analisis data yang digunakan  adalah teknik dari Milles yakni 1) Menyatukan seluruh data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari observasi dan tes serta data sekunder diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas III. 2) Reduksi data atau penggolongan dan eliminasi data yang kurang dibutuhkan oleh peneliti. 3) Penyajian data, yakni memaparkan data secara deskriptif. 4) Menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian adalah pengaplikasian metode K-W-L dalam  pembelajaran Bahasa Indonesia yang mampu meningkatkan keterampilan pemahaman  membaca siswa hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata Pre-Test 70 meningkat menjadi 82,40. Sehingga disimpulkan bahwa metode K-W-L meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari batas KKM yang terlampui yakni 31,60% menjadi 84,20%.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahyani, B. N. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode KWL pada Siswa Kelas V . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3:7, 196.

Halimah, A., Suharti, & Ardita, N. A. (2021). Implementasi Service Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa SD/MI. Mimbar PGSD UNDIKSHA 9(2), 195-202.

Hasma, Barasandji, S., & Muhsin . (2014). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku Timur. Jurnal Kreatif Tadulako Online 3(1), 147-160.

Hasma; Barasandji, Saharuddin ; Muhsin. (2014). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku Timur . Jurnal Kreatif Tadulako Online 3:1, 147.

Helwah, Delfi Mufidhatul; Arisati, Kustiani; Mufidah, Nani Zahrotul;. (2023). Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6:1, 1.

Herliyanto. (2015). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL (Pemahaman dan Minat Membaca. Yogyakarta: Deepublisher.

Herliyanto. (2015). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL (Pemahaman dan Minat Membaca). Yogyakarta: Deepublisher.

Nurlika, U., & Heni. (2021). Tingkat Konsentrasi Belajar Anak pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Keperawatan Silampari 5(1), 222-232.

Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6(1), 10-20.

Septantiningtyas, N., & Subaida. (2023). Gaya Kognitif Field Independent Sebagai Ikhtiyar Kontrol Fokus Siswa dalam Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6(1), 48-56.

Syamsul, A., & dkk. (2020). The effect of problem based learning by cognitive style on critical thinking skills and student retention. Journal of Technology and Science Education 10(2), 271-280.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Alya Romadhona, F., & Alfin, J. (2023). The Pengaplikasian Metode K-W-L untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Di Kelas III: Pengaplikasian Metode K-W-L untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Di Kelas III. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 39–46. https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.715