The Pengaplikasian Metode K-W-L untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Di Kelas III
Pengaplikasian Metode K-W-L untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Di Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.715Kata Kunci:
Keterampilan Pemahaman Membaca, Metode K-W-LAbstrak
Aneksasi keterampilan pemahaman membaca siswa sangat membantu keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga keterampilan membaca harus dikuasai oleh siswa yang duduk dibangku sekolah dasar. metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes, dan wawancara. Proses observasi dimaksudkan untuk memperoleh respon dari subjek dan objek penelitian terhadap berlangsungnya proses pembelajaran. Proses wawancara bertujuan untuk memperoleh data yang lebih rinci perihal pengaplikasian metode K-W-L. Pada teknik tes untuk memperoleh sejauh mana peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah menggunakan metode K-W-L materi Bahasa Iindonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik dari Milles yakni 1) Menyatukan seluruh data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari observasi dan tes serta data sekunder diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas III. 2) Reduksi data atau penggolongan dan eliminasi data yang kurang dibutuhkan oleh peneliti. 3) Penyajian data, yakni memaparkan data secara deskriptif. 4) Menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian adalah pengaplikasian metode K-W-L dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang mampu meningkatkan keterampilan pemahaman membaca siswa hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata Pre-Test 70 meningkat menjadi 82,40. Sehingga disimpulkan bahwa metode K-W-L meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari batas KKM yang terlampui yakni 31,60% menjadi 84,20%.
Unduhan
Referensi
Cahyani, B. N. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode KWL pada Siswa Kelas V . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3:7, 196.
Halimah, A., Suharti, & Ardita, N. A. (2021). Implementasi Service Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa SD/MI. Mimbar PGSD UNDIKSHA 9(2), 195-202.
Hasma, Barasandji, S., & Muhsin . (2014). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku Timur. Jurnal Kreatif Tadulako Online 3(1), 147-160.
Hasma; Barasandji, Saharuddin ; Muhsin. (2014). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku Timur . Jurnal Kreatif Tadulako Online 3:1, 147.
Helwah, Delfi Mufidhatul; Arisati, Kustiani; Mufidah, Nani Zahrotul;. (2023). Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6:1, 1.
Herliyanto. (2015). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL (Pemahaman dan Minat Membaca. Yogyakarta: Deepublisher.
Herliyanto. (2015). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL (Pemahaman dan Minat Membaca). Yogyakarta: Deepublisher.
Nurlika, U., & Heni. (2021). Tingkat Konsentrasi Belajar Anak pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Keperawatan Silampari 5(1), 222-232.
Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6(1), 10-20.
Septantiningtyas, N., & Subaida. (2023). Gaya Kognitif Field Independent Sebagai Ikhtiyar Kontrol Fokus Siswa dalam Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6(1), 48-56.
Syamsul, A., & dkk. (2020). The effect of problem based learning by cognitive style on critical thinking skills and student retention. Journal of Technology and Science Education 10(2), 271-280.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.