PEMBELAJARAN SASTRA: Prinsip, Konsep, dan Model Pembelajaran Sastra

Penulis

  • Suhariyadi Suhariyadi

Kata Kunci:

karya sastra, konsep dasar, model, pembelajaran sastra, prinsip dasar

Abstrak

Tulisan ini hendak memberikan penjelasan sebagai hasil studi kepustakaan tentang prinsip-prinsip dasar pembelajaran sastra dan konsep dasarnya. Prinsip-prinsip dan konsep dasar tersebut diharapkan dapat memberikan landasan filosofis dan operasionalnya. Lebih lanjut pengajar sastra akan secara optimal membelajarkan siswa tentang sastra sesuai dengan hakikatnya sebagai dunia imajinatif dan kreatif (fiktif). Berdasarkan studi kepustakaan diperoleh kesimpulah: pembelajaran sastra hendaknya terfokus kepada perolehan pengalaman langsung yang didapat siswa ketika  berinteraksi  dengan  karya  sastra.  Pengalaman  langsung  tersebut  dapat berupa membaca dan menulis karya sastra. Kecenderungan   pembelajaran sastra yang selama ini terjadi dengan memberikan fakta-fakta, konsep-konsep, dan pengertian-pengertian, justru menjauhkan hakikat pembelajaran sastra itu sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni.2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Conny Semiawan. 2005. Panorama Filsafat Ilmu landasan Perkembangan Ilmu Sepanjang Masa. Yogyakarta: Mizan.

Darma, Budi.1984. Solilokui. Jakarta: Gramedia.

Jorgensen, Marianne W. dan Louise J. Phillips. 2007. Analisis Wacana Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jujun S Suriasumantri.1993. Filsafat ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suhariyadi. 2009. Masih Pentingkah Pendidikan Susastra di Zaman Kini?. Surabaya, Jawa Pos, 16 Maret 2009.

Diterbitkan

2016-05-12

Cara Mengutip

Suhariyadi, S. (2016). PEMBELAJARAN SASTRA: Prinsip, Konsep, dan Model Pembelajaran Sastra. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 59–72. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/8