Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping dan Contextual Teaching Learning Terhadap HOTS Siswa Kelas V Sekolah Dadar
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.835Kata Kunci:
Contextual Teaching And Learning, Theory Of Mind, belajar pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model mind mapping dan contextual teaching learning terhadap HOTS siswa kelas V serta mengukur keefektifan pembelajaran siswa kelas V sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan dilakukan di SDN Gedongombo 3, 4, dan 5 yang berada di Kabupaten Tuban pada tematik tema 9, subtema 1. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain pretest- posttest control group design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan melibatkan siswa kelas V SDN Gedongombo 1, 2, 3, 4, 5. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi serta pengujian hipotesisnya menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil hitung regresi linear diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,036 < 0,05 dan nilai thitung 2,202 > ttabel 2,048 pada kelompok eksperimen 1 serta nilai sig(2-tailed) 0,001 < 0,05 dan nilai thitung 6,357> ttabel 2,035 pada kelompok eksperimen 2 sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dan contextual teaching learning berpengaruh terhadap HOTS siswa kelas V di SDN Gedongombo 4 dan 5. Hasil uji effect size model mind mapping sebesar 2,21116 dan model contextual teaching learning sebesar 2,14928 yang mana kedua hasil tersebut termasuk kategori efek kuat.
Unduhan
Referensi
Aditya, D., Politeknik, S., Kementerian, K., & Surakarta, K. (2021). Buku Petunjuk Praktikum-Uji Normalitas dan Homogenitas Data dengan SPSS (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/350480720
Ahrisya, L., Henry, P., & Adi, E. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kela s V Sekolah Dasar. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 306–314. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model) (N. S. Chaniago & M. Fadhli (eds.); 1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). https://id.b-ok.asia/book/11531296/4a88bc?dsource=recommend
Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 123. https://repositori.kemdikbud.go.id/20029/1/Buku Merdeka Belajar 2020.pdf
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35
Calista, D. A., & Dewi, U. (2022). Pengaruh Contextual Teaching and Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Geometri Bangun Ruang. 23–31.
Fani, K. dkk. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Pelajaran Ipa Kelas V Min 25 Aceh Utara. Journal Of Primary Education, 2(2), 66–75.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., & Haryati, L. F. (2022). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Ditinjau dari Hasil Belajar Geometri Mahasiswa Guru Sekolah Dasar. 05(01), 43–52.
Hamzah, A., & Susanti, L. (2020). METODE PENELITIAN Kuantitatif Kajian Teoretik & Praktik Dilengkapi Desain, Proses, dan Hasil Penelitian (1st ed.). Literasi Nusantara.
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666
Jusmawati, Setriawati, R, I., Rahman, A., & Akhiruddin. (2020). Model-model Pembelajaran di Sekolah Dasar (Akhiruddin (ed.); 1st ed.).
Ma’ruf, A. H., Syafii, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503–514. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.552
Muspawi, M., Suratno, S., & Ridwan, R. (2019). Upaya Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Melalui Penerapan Model Inquiri di SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 208. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.653
Ningsih, W. C., Marzuki, & Marli, S. (2012). Pengaruh Sistem Pembelajaran Mind Map Terhadap Pemerolehan Belajar IPS Kelas V SDN 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 1(1), 1–2.
Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping. Journal of Elementary Education, 2(4), 54–60.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.
Rofisian, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Iv Sd. El Midad, 12(2), 102–114. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i2.2540
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual & SPSS (1st ed.). Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatiff, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970
Suparman, U. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik.
Utaminingsing, S., & Shufa, N. K. F. (2019). Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Kearifan Lokal Kudus. 1, 105–112.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.