SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE FUZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING (STUDI KASUS SMP, DAN SMA KABUPATEN TUBAN)

Authors

  • Ulfia Ratna Ningsih Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia
  • Alfian Nurlifa
  • Nia Maulina Ridiani

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v1i1.184

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Sekolah, MADM

Abstract

Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan dari berbagai jenis pilihan yang dilakukan secara akurat dan sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Dalam penelitian ini sistem pendukung keputusan digunakan untuk membantu para lulusan siswa-siswi untuk mencari sekolah-sekolah favorit dari beberapa pilihan  sekolah yang  ada di Kabupaten Tuban. Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini yaitu  menggunakan  metode  Fuzzy multi-attribute decision making (FMADM). Metode Fuzzy multi-attribute decision making banyak  digunakan  dalam  memecahkan  permasalahan  yang  bersifat multi  kriteria,  seperti memecahkan  masalah  sistem  pendukung  keputusan  dalam  menentukan pemilihan sekolah, sehingga model fuzzy multi-attribute decision making (FMADM) sangat tepat digunakan dalam proses pencarian sekolah favorit yang di inginkan. Landasan teori yang mencakup klsifikasi sistem, karakteristik system dan jenis-jenis kriteria seperti status sekolah, fasilitas sekolah, akreditasi sekolah, prestasi sekolah dan tata letak sekolah.Hasil dari proses menggunakan metode Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (MADM) ini berupa ranking sekolah sekolah favoritsebagai rekomendasi untuk menentukan sekolah favorit  SMP dan SMA di Kabupaten Tuban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daihani, Dadan Umar. 2001. Sistem Pendukung Keputusan. Jakarta : Penerbit Elex Media Komputindo.
Davis, Ralph Currier. 1940. Industrial Organization And Management. Harper & Row.
Follet, Mary Parker. 1999. Visionary Leadership and Strategic Management MCB Uneversity Press. Woman in Management Review Volume 14 Number 7.
George, R.Terry. 2003. Prinsp-Prinsip Manjemen. PT. Bumi Aksara.
Gordon B, Davis. 1993. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Suatu Pengantar.Jakarta: Pustaka Binaman Ressindo.
Hasan, I. 2004. Analisis Dana Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara.
HM, Jogiyanto. 1993. Analisa dan Desain Sistem Informasi, Pendekatan Terstuktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.
HM, Jogiyanto. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi, Pendekatan Terstuktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.
HM, Jogiyanto. 2009. Sistem Informasi Teknologi. Yogyakarta: Andi.
Kusumadewi, Sri. 2005. Sistem Cerdas. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kusumadewi, Sri. 2010. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making(FUZZY MADM). Yogyakarta : Graha Ilmu.
Suryanto, AA., Gernowo, R., Widodo, A., (2017), “Implementasi Metode Multi Attribute Decision Making(MADM) dan Simple Additive (SAW) dalam Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan”, Semnas Inotek, UPN Kediri.
Sutarman, S.Kom. 2003. Membangun Aplikasi Web Dengan PHP dan MySQL (Edisi pertama). Yogyakarta: Andi.
Stoner, James A F. 2006. Management Eglewood Cliff N.J. Prentice Hall, Inc.
Sondang, P. Siagian. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Turban, Efraim. 2005. Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas. Yogyakarta : Andi.
Turban, Efraim. Aroson, Jae E. Ting-Peng, Liang. Prabantini, Dwi. 1998. Decision Support systems and intelegent systems-7th Ed. Jilid 1 (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta : Andi.

Additional Files

Published

2020-12-30

How to Cite

Ningsih, U. R., Arifia, A., Nurlifa, A., & Ridiani, N. M. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE FUZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING (STUDI KASUS SMP, DAN SMA KABUPATEN TUBAN). Curtina , 1(1), 12–22. https://doi.org/10.55719/curtina.v1i1.184

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>