SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KUCING DENGAN NAÏVE BAYES

  • Andy Haryoko Mr
  • Dany Meiko Bangkit Setyawan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andik Adi Suryanto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Alfian Nurlifa Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Sistem PakaR, Penyakit Kucing, Naïve Bayes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pakar guna mendiagnosa penyakit pada kucing menggunakan Metode Naïve Bayes. Adapun kendala utama yang terdapat dilapangan adalah berkenaan dengan banyaknya jumlah pecinta kucing di Tuban yang tidak sebanding dengan keberadaan dokter hewan ataupun pakar kucing yang terbilang masih minim. Selain itu, minimnya keberadaan klinik hewan yang ada di Tuban, serta keterbatasan waktu yang dimiliki oleh dokter hewan dalam memberikan bantuan membuat pemilik kucing mengalami kesulitan untuk memeriksa hewan kesayangannya ketika sakit. Permasalahan dari penelitian ini yaitu terletak pada Kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh pemilik kucing tentang penyakit yang dialami oleh hewan kesayangannya itu dapat mengakibatkan kesalahan diagnosa serta penanganan yang tidak sesuai. Dari kendala dan permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk membuat suatu sistem yang dapat mengatasinya. Sistem aplikasi ini menggunakan metode Naïve Bayes, yaitu suatu metode pengklasifikasian peluang daripada class penyakit berdasarkan peluang setiap parameter gejala pada setiap class penyakit tersebut sehingga didapatkan diagnosa penyakit kucing tanpa harus menemui dokter hewan/seorang pakar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu didapatkan hasil berupa jenis penyakit kucing yang disertai dengan persentase peluang berdasarkan gejala yang dialami kucing menggunakan sistem pakar dengan menerapkan metode Naïve Bayes yang menghitung peluang penyakit kucing berdasarkan gejala yang dialami oleh kucing, selain itu sistem pakar ini juga memberikan solusi berdasarkan diagnosa penyakit kucing tersebut.

References

Argario, H. B., Hidayat, N., & Dewi, R. K. 2018. Implementasi Metode Naive Bayes Untuk Diagnosis Penyakit Kambing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.2 No.8 Hlm. 2719-2723.
Azni, Anley Wiver. 2018. Sistem Pakar Kucing Berbasis Android. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Dewi, Indriana Candra., Soebroto, A.A., & Furqon, M.T. 2015. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Potong Dengan Metode Naive Bayes. Journal of Environmental Engineering & Sustainable Technology, Vol.02 No.02 Hlm.72-78.
Fidyaningsih, S., Agus, F., & Maharani, S. 2016. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Menggunakan Metode Case-Based Reasoning. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Vol.1 No.1 ISSN : 2540-7902.
Hartati S, 2008, Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Himawan, A., Hidayat, N., & Ananta, M. T. 2018. Sistem Diagnosis Penyakit Hewan Pada Anjing Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.2 No.10 Hlm.4290-4295.
Jogiyanto, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Penerbit Andi. Yogyakarta.
Kristanto. 2008. Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : Gava Media.
Kusrini. 2006. Sistem Pakar “Teori dan Aplikasinya”. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Kusrini. 2008. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta : Graha Ilmu
Nugroho, A. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Sajuthi, Cucu K. 2005. Dermatophytosis pada Kucing sebagai Penyakit Zoonosis: Monitoring dan Pencegahan Reinfeksi. Lokakarya Nasional Penyakit Zoonosis.
Setiawan, W., & Ratnasari, S. 2014. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Mata Menggunakan Naïvebayes Classifier. ISSN : 2407 – 1846.
Sidauruk, A., & Pujianto, A. 2017. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kelapa Sawit Menggunakan Teorema Bayes. Jurnal Ilmiah DASI, Vol. 18 No. 1 Hlm. 51-56.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutarman. 2012. Membangun Aplikasi Web dengan PHP & Mysql. Yogyakarta : Penerbit PT.Graha Ilmu.
Utama, Iwan Harjono dkk. 2018. Urolithiasis Oksalat Monohidrat pada Kucing Lokal. ISSN : 2581-2416.
Widyaningsih, M., Gunadi, R. 2017. Dempster Shafer untuk Sistem Diagnosa Gejala Penyakit Kulit pada Kucing. Jurnal Saintekom, Vol. 7 No.1.
Published
2021-07-31
How to Cite
Haryoko, A., Bangkit Setyawan, D., Suryanto, A., & Nurlifa, A. (2021). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KUCING DENGAN NAÏVE BAYES. Curtina (Computer Science or Informatics Journal), 2(1), 37-46. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/curtina/article/view/281
Section
Articles