SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BELIMBING MANIS MENGGUNAKAN MESIN INFERENSI BACKWARD CHAINING

  • Muharrom Yoga Putra Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Imron Rosyidi
  • Adityo Nugroho
  • Andik Adi Suryanto
  • Maratus Sarofah
Keywords: backward, chaining, expert system, PHP, MySQL

Abstract

Proses diagnosa hama dan penyakit belimbing manis dewasa ini masih menggunakan proses manual dengan cara petani belimbing mengundang pakar untuk datang ke kebun belimbing yang terserang hama dan peyakit tersebut. Hal ini dirasa kurang tepat karena petani harus menghubungi dan mendatangi pakar pada kantor dinas pertanian setempat karena memerlukan waktu dan biaya, sehingga belimbing manis yang terserang menjadi semakin parah, serta menimbulkan kerugian.

Serangan hama dan penyakit belimbing manis dapat teratasi dengan cepat apabila petani mendapatkan bantuan dari sebuah aplikasi sistem pakar diagnosa hama dan penyakit belimbing manis. Sistem pakar ini dapat membantu petani melakukan proses identifikasi dan diagnosa hama dan penyakit secara cepat berdasarkan gejala-gejala yang dialami, serta akan mendapatkan solusi untuk mengatasi serangan hama dan penyakit belimbing manis.

Sistem pakar hama dan penyakit belimbing manis ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL serta menggunakan penalaran balik yakni mesin inferensi backward chaining.

References

Anhar, S.T. 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak.Jakarta : Media Kita

Deptan. 2012. Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada Tanaman Buah. (Online), http://deptan.go.id/ditlinhorti/indek.php?option=com_content&view=section&layout=blog&id=3&Itemid=309 diakses pada tanggal 11 Agustus 2014)

Direktorat Bina Pelindungan Tanaman, 1999. Rekomendasi Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Buah-buahan. Jakarta.

Drs., Soedarya, Arief Prahasta, M.P., 2009.Agribisnis Blimbing. Bandung: CV. Pustaka Grafika.

Kusrini, S.Kom. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kusrini, S.Kom. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna Dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tim Dosen Metodologi Penelitian. 2011. Panduan Penyusunan dan Mekanisme Penyelesaian Skripsi.Tuban: Lembaga Penelitian UNIROW.
Published
2020-12-30
How to Cite
Putra, M., Rosyidi, I., Nugroho, A., Suryanto, A. A., & Sarofah, M. (2020). SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BELIMBING MANIS MENGGUNAKAN MESIN INFERENSI BACKWARD CHAINING. Curtina (Computer Science or Informatics Journal), 1(1), 23 - 30. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/curtina/article/view/199
Section
Articles