SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BELIMBING MANIS MENGGUNAKAN MESIN INFERENSI BACKWARD CHAINING

Authors

  • Muharrom Yoga Putra Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Imron Rosyidi
  • Adityo Nugroho
  • Andik Adi Suryanto
  • Maratus Sarofah

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v1i1.199

Keywords:

backward, chaining, expert system, PHP, MySQL

Abstract

Proses diagnosa hama dan penyakit belimbing manis dewasa ini masih menggunakan proses manual dengan cara petani belimbing mengundang pakar untuk datang ke kebun belimbing yang terserang hama dan peyakit tersebut. Hal ini dirasa kurang tepat karena petani harus menghubungi dan mendatangi pakar pada kantor dinas pertanian setempat karena memerlukan waktu dan biaya, sehingga belimbing manis yang terserang menjadi semakin parah, serta menimbulkan kerugian.

Serangan hama dan penyakit belimbing manis dapat teratasi dengan cepat apabila petani mendapatkan bantuan dari sebuah aplikasi sistem pakar diagnosa hama dan penyakit belimbing manis. Sistem pakar ini dapat membantu petani melakukan proses identifikasi dan diagnosa hama dan penyakit secara cepat berdasarkan gejala-gejala yang dialami, serta akan mendapatkan solusi untuk mengatasi serangan hama dan penyakit belimbing manis.

Sistem pakar hama dan penyakit belimbing manis ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL serta menggunakan penalaran balik yakni mesin inferensi backward chaining.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anhar, S.T. 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak.Jakarta : Media Kita

Deptan. 2012. Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada Tanaman Buah. (Online), http://deptan.go.id/ditlinhorti/indek.php?option=com_content&view=section&layout=blog&id=3&Itemid=309 diakses pada tanggal 11 Agustus 2014)

Direktorat Bina Pelindungan Tanaman, 1999. Rekomendasi Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Buah-buahan. Jakarta.

Drs., Soedarya, Arief Prahasta, M.P., 2009.Agribisnis Blimbing. Bandung: CV. Pustaka Grafika.

Kusrini, S.Kom. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kusrini, S.Kom. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna Dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tim Dosen Metodologi Penelitian. 2011. Panduan Penyusunan dan Mekanisme Penyelesaian Skripsi.Tuban: Lembaga Penelitian UNIROW.

Additional Files

Published

2020-12-30

How to Cite

Putra, M. Y., Rosyidi, I., Nugroho, A., Suryanto, A. A., & Sarofah, M. (2020). SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BELIMBING MANIS MENGGUNAKAN MESIN INFERENSI BACKWARD CHAINING. Curtina , 1(1), 23–30. https://doi.org/10.55719/curtina.v1i1.199

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>