PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS UNTUK MENINGKATKAN LITERSI BERHITUNG SISWA KELAS II UPT SDN TINGKIS
DOI:
https://doi.org/10.55719/elenor.v2i2.1341Kata Kunci:
Media Fun Thinkers, Literasi BerhitungAbstrak
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implementation-Evaluation) penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media Fun Thinkers untuk meningkatkan literasi berhitung siswa kelas II UPT SDN Tingkis. Dengan instumen pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi, wawancara, lembar validasi media, materi dan bahasa, lembar angket respon guru dan siswa, dan lebar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data observasi dan wawancara, analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, serta analisis data keefektifan. Pada penelitan ini diproseleh hasil validasi dari ahli madia sebesar 83,15%, ahli materi sebesar 94%, ahli bahasa sebesar 88,89% maka kriteria penilaian kevalidan memliki kriteria “Valid” dapat disimpulkan bahwa media Fun Thinkers layak atau valid untuk digunakan. Hasil angket respon guru mendapatkan nilai 98% dan angket respon siswa mendapat nilai 95% maka kriteria penilaian kepraktisan media Fun Thinkers dinyatakan “Sangat Praktis” untuk digunakan. Melalui hasil tes siswa memiliki jumlah presentase tuntas klaksikal dari tes siswa adalah 81% makan media Fun Thinkers dinykatakan “efektif” untuk meningkatkan litersi berhitung siswa dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Unduhan
Referensi
N. K. K. Widiantari, I. N. Suparta, dan S. Sariyasa, “Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19,” JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, hal. 332, 2022, doi: 10.25273/jipm.v10i2.10218.
Simarmata, Wedyawati, dan R. Hutagaol, “Analisis Literasi Matematika Pada Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” JPiMat J. Pendidik. Mat., 2020.
Hasan, Media Pembelajaran. Klaten: In Tahta Media Group, 2021.
M. Hasan, Milawati, Darodjat, H. Khairani, dan T. Tahrim, Media Pembelajaran. 2021.
T. Nurrita, “Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa,” vol. 03, hal. 171–187, 2018.
A. S. Anjarani, A. Mulyadiprana, dan R. Raspati, “Fun Thinkers sebangai media Pembelajaran untuk siswa sekolah dasar : Kajian Hipotetik,” Pendadidaktika Jurlan ilamah Mhs. Pendidik. guru Sekol. dasar, vol. 7, hal. 102–107, 2020, doi: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26466.
D. L. Rahmah dan M. T. Hidayat, “Pengembangan Media ‘Fun Thinkers Book’ untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, hal. 6363, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3259.
N. T. Dewi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Fun thinkers book pada Materi Pancasila Kelas IV di UPTD SDN Kamal 2,” Sinar Dunia J. Ris. Sos. Hum. dan Ilmu Pendidik., vol. 2, 2023.
A. Atikah, “Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan untuk Kelas V SDN 66 Payakumbuh,” Universitas Islam Riau, 2021.
M. Khotimah, “Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Ashri Tahun Pelajaran 2020/2021,” Institut Agama Islam Negeri Jember, 2021.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan pendekatan kuntitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
E. Mulyatiningsih, “Pengembangan Model Pembelajaran,” Islam. Educ. J., hal. 114, 2015.
P. Aprillianti dan W. Wiratsiwi, “Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masayarakat, vol. 6, no. 1, hal. 81–83, 2021.