PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGURANGAN MELALUI MEDIA PATAMA PORTABEL DI KELAS I SD

Penulis

  • Suli Indriya PGSD, FKIP Universitas Terbuka
  • Nur Atikoh PGSD, FKIP Universitas Terbuka

Abstrak

Kompetensi dasar siswa kelas I SD diharapkan mampu melakukan pengurangan bilangan cacah sampai angka 99. Namun realitanya terdapat 67% siswa kelas 1 di SD masih kesulitan dalam mengerjakan soal prasiklus pada materi pengurangan. Sehingga peneliti melakukan refleksi yang menghasilkan alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan media PATAMA portabel. Dalam perbaikan pembelajaran peneliti melaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Modern El Mumtaz Kabupaten Tuban dengan jumlah 9 siswa. Teknik perlohehan data melalui perencanaan, observasi, pelaksanaan dan refleksi. Kemudian Analisis datanya melalui teknik kuantitatif maupun kualitatif. Pada siklus I diperoleh data hasil belajar siswa yaitu terdapat 6 siswa nilainya lebih tinggi dari KKM 68 dengan nilai rata-rata 78,33 . Dan terdapat 3 siswa nilainya di bawah KKM dengan nilai rata-rata 60. Kemudian Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dimana 8 siswa memiliki nilai lebih tinggi dari KKM, dengan nilai rata-rata 92,5 . Dan terdapat 1 siswa yang nilainya di bawah KKM dengan nilai rata-rata 60. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan media PATAMA portabel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD.

Kata kunci: Hasil Belajar, PATAMA Portabel, Pengurangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Allolayuk, “Pengaruh Penggunaan Media Kartu Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Lage,” J. Akad., vol. 2, no. 1, pp. 42–51, 2015.

Kemdikbud, “Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Aatas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah,” 2018

K. Nadhifah, Y. E. Yanti, and B. Rosyidi, “Pengembangan Media Papan Smart Subtraction Bag Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” Elem. J. PGSD STKIP Banjarmasin, vol. 3, no. 1, pp. 24–33, 2021.

A. Ningsih and Purwanto, “Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan di Sekolah Dasar,” JPGSD Unesa, vol. 03, no. 02, pp. 1912–1921, 2015.

S. Setiowati, “Implementasi Metode BSB 3P (Pembelajaran Papan Pintar) Matematika pada Kreativitas Siswa SDN Bareng 1, Nganjuk,” Sains Data J. Stud. Mat. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2023.

N. Andhani and E. N. L, “Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan,” Pedadidaktika J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2019.

G. Muhsetyo, E. Krisnadi, H. Karso, E. Wahyuningrum, Tarhadi, and D. Widagdo, Pembelajaran Matematika SD, 2nd ed. Tanggerang Selatan-Banten: Universitas Terbuka, 2021.

U. N. Maghfi and S. Suyadi, “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Papan Pintar (Smart Board),” Seling J. Progr. Stud. PGRA, vol. 6, no. 2, pp. 157–170, 2020.

R. Damarsari, “Efektivitas Penggunaan Media Patama Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Kelas II di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta,” J. Widia Ortodidaktika, vol. 6, no. 7, pp. 742–750, 2017.

A. Y. B., Seven Simple Steps Internet For Student. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

T. A. Keitimu, L. Bera, and M. A. F. Mbari, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dengan Mengunakan Media Pohon Pintar Pada Siswa Kelas 1 SDK Wegoknatar,” J. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 6688–6696, 2023.

Midya Yuli Amreta and Ani Safa’ah, “Pengaruh Media Papinka terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” Jurmia J. Ris. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, pp. 21–28, 2021.

K. Kamaladini, A. A. Gani, and N. Sari, “Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Semin. Nas. Paedagoria, vol. 1, no. 1, pp. 93–100, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-24

Terbitan

Bagian

Articles