ANALISIS KELAYAKAN MODUL TEMATIK BAGI SISWA KELAS 1 SDN WANGI I JATIROGO

Penulis

  • Arik Umi Pujiastuti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/elenor.v1i2.681

Kata Kunci:

kelayakan, modul, tematik

Abstrak

Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu jenis bahan ajar adalah modul pembelajaran yang digunakan siswa untuk belajar secara mandiri. Modul pembelajaran berisi petunjuk dan komponen pembelajaran yang jelas. Di lapangan, ditemukan bahwa bahan ajar yang digunakan adalah buku teks dari pemerintah. Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah mengembangkan modul tematik bagi kelas 1 SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Kelayakan modul yang dikembangkan dilihat dari 3 aspek, yaitu materi, bahasa, dan desain. Skor rata-rata aspek materi tahap 1 adalah 2,66 atau 66,67% dan mengalami peningkatan pada tahap 2 menjadi 3,33 atau 83,33%. Skor rata-rata aspek bahasa tahap 1 adalah 3 atau 81,25% dan meningkat menjadi 4 atau 100% pada tahap 2. Skor rata-rata aspek desain tahap 1 adalah 2,23 atau 55,75% dan meningkat menjadi 4 atau 100% pada tahap 2. Berdasarkan skor yang diperoleh, maka modul yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022.

A. Djamaluddin and Wardana, Belajar Dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta, 2019.

A. L. Adini, “Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Kelompok A Gugus V Kecamatan Berbah Tahun 2016,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 6, pp. 5–6, 2016.

M. Lewier, G. Somelok, and A. Yoris, “Peningkatan Keterampilan Berbahasa Produktif melalui Model Pembelajaran Multiliterasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Pattimura Ambon,” ARBITRER J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 3, no. 1, pp. 405–422, 2021.

Kementrian Pendidikan Nasional RI, “Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,” 2014

Z. F. Nurhadi and A. W. Kurniawan, “Kajian Tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi,” J. Komun. Has. Pemikir. dan Penelit., vol. 3, no. 1, pp. 90–95, 2017.

U. R. Asep Sunantri, Agus Suyatna, “Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi,” J. Pembelajaran Fis., vol. 4, no. 1, pp. 107–117, 2016.

Lasmiyati and I. Harta, “Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP,” Pythagoras J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 2, pp. 161–174, 2014.

D. Fitrayati, A. F. Prakoso, and R. M. Dewi, “Student Worksheet Development Based on Contextual and Problem Solving on Microeconomic Theory Introductory Subjects,” Int. J. Control Theory Appl., vol. 9, no. 34, pp. 141–157, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-24

Terbitan

Bagian

Articles