PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRUK OLENG TIGA DIMENSI MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Arifa Heru Lestyowati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

Three Dimensional Truk Oleng Media.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran, yaitu media Truk Oleng pada materi bangun datar. Tujuan peneliti melakukan pengembangan media Truk Oleng yaitu untuk mengetahui tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan dari media Truk Oleng yang telah dikembangkan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan jenis model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi) dengan menggunakan dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu para ahli yang sesuai dengan bidangnya serta guru dan siswa Kelas II SDN Banjaragung II. Pada penelitian ini peneliti menggunakan lembar validasi, lembar wawancara dan juga tes untuk mengukur tingkat keberhasilan terhadap media Truk Oleng ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media Truk Oleng yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid untuk digunakan, dengan persentase ahli materi 94%, ahli media 76%, dan ahli bahasa 76%. Selain itu, pengembangan media Truk Oleng ini juga melakukan uji kepraktisan dan keefektifan. Hasil persentase untuk angket respon guru adalah 93,4% dengan kriteria sangat praktis. Hasil persentase untuk angket respon siswa adalah 95% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tes siswa yang dilakukan pada uji coba menghasilkan persentase 91,7% dengan kriteria sangan efektif. Berdasarkan rincian perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media Truk Oleng ini sangat valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. Biassari, K. E. Putri, and S. Kholifah, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2322–2329, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1139

A. D. Puspitasari, R. A. Hidayat, and A. C. Pritasari, “Miniature Map of the Indonesian Colomination Period As a Medium of Elementary Learning in Class V Theme 7 Sub Theme 1,” CITRA Int. J. Community Serv. Informatics, Technol. Res. Educ. Atr Humanit., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2021, [Online]. Available: http://journal.citradharma.org/index.php/citra/article/view/278%0Ahttp://journal.citradharma.org/index.php/citra/article/download/278/78

F. I. Rahma, “Media Pembelajaran: kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaranbagi Anak Sekolah Dasar,” PANCAWAHANA J. Stud. Islam, vol. 14, no. 2, pp. 87–99, 2019.

A. M.Pd, N. Rini, and L. Parida, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika,” J-PiMat J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 295–306, 2021, doi: 10.31932/j-pimat.v3i1.1129.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute. (Online). (https://scholar.google.com/citations?user=_lmhmx4AAAAJ&hl=id&oi=sra. Diakses pada tanggal 15 Mei 2023)

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran. (Online). (https://scholar.google.com/citations?user=H6moa6wAAAAJ&hl=id&oi=sra. Diakses pada tanggal 30 April 2023)

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-23

Terbitan

Bagian

Articles