MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.144Keywords:
think talk write, paper media, student learning outcomes, student responsesAbstract
This study aims to 1. Describe improvement in students mathematics learning outcomes 2. To describe students responses. The type of research used is classroom action research. The subjects of this study were VII-D class of SMP Negeri 2 Rengel in the academic year 2017/2018 with a total of 32 students consisting of 20 male students and 12 female students. Data collection techniquesin the form of tests and questionnaires. The instrumen used is the test of student learning outcome, student response questionnaires and documentation. The result of the study through the application of learning think talk write with paper media can improve student learning outcomes and get a positive response from students on the subject of VII-D quadrangular flat class building SMP Negeri 2 Rengel 2017/2018 school year can be seen from the average mathematics learning outcomes of students in cycle I, II, III (39.6; 63.77; 75.06). and the avarage response percentage of students gets a positive response avarage of 91.01% and a negative response avarage of 8.99% so that this study is said to get a positive response from studets.
Downloads
References
Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran ( metodies dan paradigmatis). Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Mudlofir, Ali & Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT RajaGrafindo.
Susanti, Liya & Abdul Haris Rosyidi. 2014. Pembelajaran Berbasis Origami untuk Meningkatkan Visualisasi Spasial dan Kemampuan Geometri Siswa SMP. Online tersedia di : http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2697/baca-artikel. Diakses 14 februari 2018.
Purnomo, Budi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think, Talk, Write) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi tidak dipublikasikan. Unirow Tuban
Yunitasari, Nova Rusti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Co-Op Co-Op dengan Setting Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. (Skripsi) Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.