MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.144Kata Kunci:
Think Talk Write, Media Kertas, hasil Belajar, Respon SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1. mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa 2. mendeskripsikan respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah kelas VII-D SMP Negeri 2 Rengel pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 32 siswa yang terdiri 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar angket respon siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui penerapan pembelajaran Think Talk Write dengan media kertas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendapat respon positif dari siswa pada pokok bahasan bangun datar segiempat kalas VII-D SMP Negeri 2 Rengel tahun pelajaran 2017/2018 dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I, II, III (39.6; 63.77; 75.06). Serta rata-rata presentase respon siswa mendapat rata-rata respon positif sebesar 91.01% dan rata-rata respon negatif sebesar 8.99% sehingga penelitian ini dikatakan mendapat respon yang positif dari siswa.
Unduhan
Referensi
Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran ( metodies dan paradigmatis). Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Mudlofir, Ali & Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT RajaGrafindo.
Susanti, Liya & Abdul Haris Rosyidi. 2014. Pembelajaran Berbasis Origami untuk Meningkatkan Visualisasi Spasial dan Kemampuan Geometri Siswa SMP. Online tersedia di : http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2697/baca-artikel. Diakses 14 februari 2018.
Purnomo, Budi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think, Talk, Write) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi tidak dipublikasikan. Unirow Tuban
Yunitasari, Nova Rusti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Co-Op Co-Op dengan Setting Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. (Skripsi) Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.