MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Laelatun Nahirus Sa'adah SMP Negeri 2 Rengel

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.144

Kata Kunci:

Think Talk Write, Media Kertas, hasil Belajar, Respon Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1. mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa 2. mendeskripsikan respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah kelas VII-D SMP Negeri 2 Rengel pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 32 siswa yang terdiri 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar angket respon siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui penerapan pembelajaran Think Talk Write dengan media kertas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendapat respon positif dari siswa pada pokok bahasan bangun datar segiempat kalas VII-D SMP Negeri 2 Rengel tahun pelajaran 2017/2018 dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I, II, III (39.6; 63.77; 75.06). Serta rata-rata presentase respon siswa mendapat rata-rata respon positif sebesar 91.01% dan rata-rata respon negatif sebesar 8.99% sehingga penelitian ini dikatakan mendapat respon yang positif dari siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, I. and Setiyawati, I., 2017. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS DENGAN MEDIA KERTAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), pp.155-164.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran ( metodies dan paradigmatis). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Mudlofir, Ali & Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT RajaGrafindo.

Susanti, Liya & Abdul Haris Rosyidi. 2014. Pembelajaran Berbasis Origami untuk Meningkatkan Visualisasi Spasial dan Kemampuan Geometri Siswa SMP. Online tersedia di : http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2697/baca-artikel. Diakses 14 februari 2018.

Purnomo, Budi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think, Talk, Write) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi tidak dipublikasikan. Unirow Tuban

Yunitasari, Nova Rusti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Co-Op Co-Op dengan Setting Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. (Skripsi) Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-16

Cara Mengutip

Sa'adah, L. N. (2020) “MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), hlm. 31–36. doi: 10.55719/jrpm.v2i1.144.

Terbitan

Bagian

Articles