MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.163Keywords:
Student Activeness, Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Type STAD and , Cooperative Learning Model Type NHT.Abstract
The purpose of this study is to determine whether there is a difference in the application of the cooperative learning model type STAD and type NHT on student activity and learning outcomes. This study uses a quantitative approach and the method used is an experimental method with data collection techniques using test and observation methods. The statistical test used was the multi-variate analysis of variance test. The result of this research is that there is a significant difference between the STAD and NHT cooperative learning models on student learning outcomes and activities.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Ari Sudana, I. P., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumawati, H. (2012). PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA Hani. 251–263. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/550
Kuswoyo, A. (2009). Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok Kelas Viii Smpn 4 Semarang. Skripsi.
Lie, A. (2010). Cooperative Learning, Memperakikan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta:grasindo.
Magor, Cervatius, Y. (2010). Perbandingan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD(Student Teams Achievement Divisions) Dan NHT (Numbered HeadsTogether) untukMeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas VII pada Pokok BahasanKegiatan Pokok Ekonomi Manusia di SMP Negeri I. Skripsi.
Manullang, M., & Ermida Hormatua Sitorus, H. H. (2016). Pengemabngan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterampilan Berpikir di SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 13(2).
Purwasih, F. E. (2014). Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi MenggunakanPembelajaran Student Team Achivment Division (STAD) Dan Numbered HeadTogether (NHT) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Plupuh Sragen Tahun Ajaran2013/2014. Skripsi.
Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1),99.
https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.185
Rusman. (2016). Model Model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya:Pustaka Pelajar.
Trianto. (2009). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivisme: Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wirani, W. dan Bondan, D. (2012). Komparasi Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswayang diberi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together)dengan Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) Kelas VII SMPN 5 Depok,Sleman, Yogyakarta. E-Journal Universitas Negeri Yogyakart, 1(2).
Zaeni, J. A., & Hidayah, F. F. (2002). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams game tournamants (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA 15 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 8, 416–425. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn120120/article/view/3086
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumawati, H. (2012). PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA Hani. 251–263. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/550
Kuswoyo, A. (2009). Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok Kelas Viii Smpn 4 Semarang. Skripsi.
Lie, A. (2010). Cooperative Learning, Memperakikan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta:grasindo.
Magor, Cervatius, Y. (2010). Perbandingan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD(Student Teams Achievement Divisions) Dan NHT (Numbered HeadsTogether) untukMeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas VII pada Pokok BahasanKegiatan Pokok Ekonomi Manusia di SMP Negeri I. Skripsi.
Manullang, M., & Ermida Hormatua Sitorus, H. H. (2016). Pengemabngan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterampilan Berpikir di SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 13(2).
Purwasih, F. E. (2014). Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi MenggunakanPembelajaran Student Team Achivment Division (STAD) Dan Numbered HeadTogether (NHT) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Plupuh Sragen Tahun Ajaran2013/2014. Skripsi.
Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1),99.
https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.185
Rusman. (2016). Model Model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya:Pustaka Pelajar.
Trianto. (2009). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivisme: Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wirani, W. dan Bondan, D. (2012). Komparasi Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswayang diberi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together)dengan Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) Kelas VII SMPN 5 Depok,Sleman, Yogyakarta. E-Journal Universitas Negeri Yogyakart, 1(2).
Zaeni, J. A., & Hidayah, F. F. (2002). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams game tournamants (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA 15 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 8, 416–425. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn120120/article/view/3086
Downloads
Published
27-04-2021
How to Cite
Suryati Lindung, M. E. (2021) “MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), pp. 1–8. doi: 10.55719/jrpm.v3i1.163.
Issue
Section
Articles
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.