MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.163Kata Kunci:
Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT.Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah Untukmengetahuiadatidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT terhaadap keaktifan dan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Metode yang digunakan adalah metode eksperimendenganteknikpengumpulan data menggunakanmetodetesdanobservasi.Uji statistic yang digunakanyaituuji multi variate analysis of variance.Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran koopeatif tipe STAD dan NHT terhadap kekatifan dan hasil belajar siswa.
Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Referensi
Ari Sudana, I. P., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumawati, H. (2012). PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA Hani. 251–263. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/550
Kuswoyo, A. (2009). Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok Kelas Viii Smpn 4 Semarang. Skripsi.
Lie, A. (2010). Cooperative Learning, Memperakikan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta:grasindo.
Magor, Cervatius, Y. (2010). Perbandingan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD(Student Teams Achievement Divisions) Dan NHT (Numbered HeadsTogether) untukMeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas VII pada Pokok BahasanKegiatan Pokok Ekonomi Manusia di SMP Negeri I. Skripsi.
Manullang, M., & Ermida Hormatua Sitorus, H. H. (2016). Pengemabngan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterampilan Berpikir di SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 13(2).
Purwasih, F. E. (2014). Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi MenggunakanPembelajaran Student Team Achivment Division (STAD) Dan Numbered HeadTogether (NHT) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Plupuh Sragen Tahun Ajaran2013/2014. Skripsi.
Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1),99.
https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.185
Rusman. (2016). Model Model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya:Pustaka Pelajar.
Trianto. (2009). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivisme: Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wirani, W. dan Bondan, D. (2012). Komparasi Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswayang diberi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together)dengan Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) Kelas VII SMPN 5 Depok,Sleman, Yogyakarta. E-Journal Universitas Negeri Yogyakart, 1(2).
Zaeni, J. A., & Hidayah, F. F. (2002). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams game tournamants (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA 15 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 8, 416–425. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn120120/article/view/3086
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumawati, H. (2012). PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA Hani. 251–263. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/550
Kuswoyo, A. (2009). Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok Kelas Viii Smpn 4 Semarang. Skripsi.
Lie, A. (2010). Cooperative Learning, Memperakikan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta:grasindo.
Magor, Cervatius, Y. (2010). Perbandingan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD(Student Teams Achievement Divisions) Dan NHT (Numbered HeadsTogether) untukMeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas VII pada Pokok BahasanKegiatan Pokok Ekonomi Manusia di SMP Negeri I. Skripsi.
Manullang, M., & Ermida Hormatua Sitorus, H. H. (2016). Pengemabngan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterampilan Berpikir di SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 13(2).
Purwasih, F. E. (2014). Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi MenggunakanPembelajaran Student Team Achivment Division (STAD) Dan Numbered HeadTogether (NHT) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Plupuh Sragen Tahun Ajaran2013/2014. Skripsi.
Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1),99.
https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.185
Rusman. (2016). Model Model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya:Pustaka Pelajar.
Trianto. (2009). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivisme: Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wirani, W. dan Bondan, D. (2012). Komparasi Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswayang diberi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together)dengan Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) Kelas VII SMPN 5 Depok,Sleman, Yogyakarta. E-Journal Universitas Negeri Yogyakart, 1(2).
Zaeni, J. A., & Hidayah, F. F. (2002). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams game tournamants (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA 15 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 8, 416–425. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn120120/article/view/3086
Unduhan
Diterbitkan
2021-04-27
Cara Mengutip
Suryati Lindung, M. E. (2021) “MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), hlm. 1–8. doi: 10.55719/jrpm.v3i1.163.
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.