Systematic Literatur Review: Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Pada Pembelajaran Matematika

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran sangat diperlukan. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan yaitu melalui model pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran menjadi menarik serta mampu menaktifkan peserta didik. Dan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature tentang model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) dan kaitannya dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereviu semua artikel mengenai metode pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) yang diterbitkan dalam kurun waktu 2014-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 24 artikel jurnal nasional yang terakreditasi yang diperoleh dari google scholar menggunakan aplikasi Publish or perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa model pembelajaran somatic, auditory,visual, intellectual (SAVI) dapat meningkatkan pembelajaran matematika, hasil belajar dan keefetifan belajar siswa.
Published
2021-04-27
How to Cite
Putra, A. and Wulandari, W. (2021) “Systematic Literatur Review: Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Pada Pembelajaran Matematika”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), pp. 9-18. Available at: http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/213 (Accessed: 27October2021).
Section
Articles