Systematic Literatur Review: Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.213Kata Kunci:
model pembelajaran SAVI, pembelajaran matematikaAbstrak
Inovasi dalam pembelajaran sangat diperlukan. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan yaitu melalui model pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran menjadi menarik serta mampu menaktifkan peserta didik. Dan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature tentang model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) dan kaitannya dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereviu semua artikel mengenai metode pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) yang diterbitkan dalam kurun waktu 2014-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 24 artikel jurnal nasional yang terakreditasi yang diperoleh dari google scholar menggunakan aplikasi Publish or perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa model pembelajaran somatic, auditory,visual, intellectual (SAVI) dapat meningkatkan pembelajaran matematika, hasil belajar dan keefetifan belajar siswa.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2021-04-27
Cara Mengutip
Putra, A. dan Wulandari, W. (2021) “Systematic Literatur Review: Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Pada Pembelajaran Matematika”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), hlm. 9–18. doi: 10.55719/jrpm.v3i1.213.
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.