EKSPLORASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SD DI ERA PANDEMI PADA DUSUN JOMBOK DESA SEMBUNGIN KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.291Keywords:
Keywords: online learning, elementary math, tutoringAbstract
The time of the pandemic produces a shift in learning from offline to online, and it will pose a new challenge in learning, especially the mathematical lessons that the formulas, if students are given only tasks without being explained, will create new problems because not all parents know mathematics and technology, Specifically strict follower of muslim TPQ Ar-Rohman's parents in the jombok hamlet Sembungin village Bancar district Tuban regency. Purpose this research is expected to find a solution to the problem’s online study at Jombok hamlet with subject strict follower of muslim TPQ Ar-Rohman trough descriptive qualitative research, as for the problem that is found that is parents lack the understanding of the material, the boredom of learning, and the parents lack the mastery over the technology available, so that a course for elementary school with a peer tutoring model and it turns out that with the guidance children make more enthusiastic about learning math.
Downloads
References
Falah, I. F. (2014). Model Pemebelajaran Tutorial Sebaya Telaah Teoritik. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta'lim, 12(2), 175-186.
Harahap, S. A., Dimyati, & Puranta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836.
Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020, Juli). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi Whattapp) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 4 Sdn Pakujajar CBM. (JKPD) Jurnal KajianPendidikan Dasar, 5(2), 98-105.
Pertiwi, R. K., & Sutami. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran Di Engah Pandemi Covid-19. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (4), 350-365.
Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 8-5.
Yuniarti, Y., Mulyati, T., Abidin, Y., Herlambang, Y. T., & Yusron, E. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Dalam Dimensi Pedagogik. Naturalistic;Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran , 5 (2), 856-871.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.