EKSPLORASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SD DI ERA PANDEMI PADA DUSUN JOMBOK DESA SEMBUNGIN KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN

Penulis

  • Ika Wulan Junianti IAIN KEDIRI
  • Prima Ayu Rizqi Mahanani

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.291

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pembelajaran daring, matematika SD, Bimbingan Belajar

Abstrak

Era pandemi mengakibatkan perubahan pembelajaran dari luring ke daring hal ini tentunya akan menimbulkan tantangan baru dalam pembelajaran khususnya pelajaran matematika yang terdapat rumus-rumus di dalamnya, jika dalam pembelajaran matematika siswa hanya diberikan tugas-tugas tanpa dijelaskan maka akan menimbulkan masalah baru karena tidak semua orang tua menguasai matematika dan teknologi, khususnya orang tua santri TPQ Ar-Rohman  di Dusun Jombok Desa Sembungin Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban untuk itu dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat ditemukan solusi dari kendala pembelajaran daring matematika tingkat SD di dusun Jombok melalui penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek santri TPQ Ar-Rohman beserta orang tuanya, setelah dilakukan penelitian ternyata terjadi kendala dalam pembelajaran daring yaitu guru hanya memberikan tugas tanpa dijelaskan materinya, orang tua kurang memahami materi, rasa jenuh ketika belajar, dan orang tua kurang menguasai teknologi yang ada, untuk itu untuk dibuatlah sebuah bimbingan belajar untuk SD dengan model pembelajaran tutor teman sebaya dan ternyata dengan adanya bimbingan belajar yang dibuat anak-anak lebih antusias untuk belajar matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggorowati, N. P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Padamata Pelajaran Sosiologi. Jurna Komunitas, 3(1), 103-120.

Falah, I. F. (2014). Model Pemebelajaran Tutorial Sebaya Telaah Teoritik. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta'lim, 12(2), 175-186.

Harahap, S. A., Dimyati, & Puranta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836.

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020, Juli). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi Whattapp) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 4 Sdn Pakujajar CBM. (JKPD) Jurnal KajianPendidikan Dasar, 5(2), 98-105.

Pertiwi, R. K., & Sutami. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran Di Engah Pandemi Covid-19. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (4), 350-365.

Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 8-5.

Yuniarti, Y., Mulyati, T., Abidin, Y., Herlambang, Y. T., & Yusron, E. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Dalam Dimensi Pedagogik. Naturalistic;Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran , 5 (2), 856-871.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Junianti, I. W. dan Mahanani, P. A. R. (2021) “EKSPLORASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SD DI ERA PANDEMI PADA DUSUN JOMBOK DESA SEMBUNGIN KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), hlm. 61–66. doi: 10.55719/jrpm.v3i2.291.

Terbitan

Bagian

Articles