Studi Literatur Permasalahan Dalam Kemampuan Berpikir Numerik Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Wijiati Lestari IKIP PGRI Bojonegoro
  • M. Zainudin

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.514

Keywords:

: ability, thinking, numerical, problem

Abstract

kemampuan berpikir numerik  adalah keterampilan  menghitung  angka untuk mengasah pahaman ide dan  konsep dalam bentuk angka agar dapat berfikir untuk menyelesaikan permasalahan pada sebuah soal. .Tujuan penelitian:(1) Mengetahui lebih mendalam mengenai studi literatur permasalahan  kemampuan berpikir numerik siswa SMP.(2)mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai kesulitan siswa SMP dalam pembelajaran matematika .metode penelitian yaitu studi pustaka (library research). Library receach adalah kegiatan penelitian menggunakan teknik pengumpulan data (Sari & Asmendri dalam Hasanudin, dkk., 2020) . Bersumber dari buku-buku (Maruta, 2017) dan beberapa artikel  pada jurnal (Tahmidaten & Krismanto, 2020).Dengan sumber -sumber yang telah ada sebelumya. Dapat disimpulkan bahwa permasalahan dalam kemampuan berpikir numerik siswa yaitu permasalahan dalam secara sistematis, permasalahan penentuan konsep penyelesaian dengan penalaran, permasalahan dalam penentuan rumus pada penyelesaian,permasalahan dalam memahami simbol dan strategi pada penyelesaian, permasalahan dalam memahami soal cerita dalam matematika, dan permasalahan berpikir logis dalam penyelesaian matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226

Aswadi, E. F. (2017). Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN 1 Kajuara. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).

Gardner, H. (2006). Multi Intelegenci.

Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2

Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Halliana, Wa Ode, Kadir, Kodirun, Shaleh, Universitas Halu Oleo (Suparlan, 2009). (2018). Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari Ditinjau. 9(2), 218–228.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-pagev2.pdf?Expires=1652931345&Signature

Isworo, D. (2014). Hubungan Antara Kreativitas Siswa dan Kemampuan Numerik denganKemampuan Kognitif Fisika Siswa SMP Kelas VIII. Pendidikan Fisika, 2(2).

Isworo, D., Sunarno, W., Wahyuningsih, D., Studi, P., Fisika, P., & Maret, U. S. (2014). Hubungan Antara Kreativitas Siswa Dan Kemampuan. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 35–

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Rochadi. (2011). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII MTS Muhammadiyah Batang Tahun Pelajaran 2010/2011.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Downloads

Published

30-10-2022

How to Cite

Lestari, W. and Zainudin, M. (2022) “Studi Literatur Permasalahan Dalam Kemampuan Berpikir Numerik Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2). doi: 10.55719/jrpm.v4i2.514.

Issue

Section

Articles