Studi Literatur Permasalahan Dalam Kemampuan Berpikir Numerik Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.514Kata Kunci:
kemampuan ,berpikir ,numerik ,permasalahanAbstrak
Numerical thinking ability is the skill of counting numbers to hone the understanding of ideas and concepts in the form of numbers so that they can think to solve problems on a question. The research objectives: (1) To know more deeply about the literature study on the problems of numerical thinking skills of junior high school students. (2) to know and understand more deeply about the difficulties of junior high school students in learning mathematics. The research method is library research. Library research is a research activity using data collection techniques (Sari & Asmendri in Hasanudin, et al., 2020). Sourced from books (Maruta, 2017) and several articles in journals (Tahmidaten & Krismanto, 2020). It can be concluded that the problems in students' numerical thinking skills are problems in systematically, problems in determining the concept of solving by reasoning, problems in determining formulas for solving, problems in understanding symbols and strategies for solving, problems in understanding story problems in mathematics, and problems in logical thinking. in mathematical solutions.
Unduhan
Referensi
Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.
Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226
Aswadi, E. F. (2017). Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN 1 Kajuara. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).
Gardner, H. (2006). Multi Intelegenci.
Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2
Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301
Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.
Halliana, Wa Ode, Kadir, Kodirun, Shaleh, Universitas Halu Oleo (Suparlan, 2009). (2018). Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari Ditinjau. 9(2), 218–228.
Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-pagev2.pdf?Expires=1652931345&Signature
Isworo, D. (2014). Hubungan Antara Kreativitas Siswa dan Kemampuan Numerik denganKemampuan Kognitif Fisika Siswa SMP Kelas VIII. Pendidikan Fisika, 2(2).
Isworo, D., Sunarno, W., Wahyuningsih, D., Studi, P., Fisika, P., & Maret, U. S. (2014). Hubungan Antara Kreativitas Siswa Dan Kemampuan. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 35–
Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115
Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.
Rochadi. (2011). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII MTS Muhammadiyah Batang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.