PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

  • Ika Apris Liyawati SDI Ad-dzikri Merakurak Tuban
  • Heny Sulistyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.62

Keywords:

mathematics learning outcomes, osborn, mathematical tree

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh minat belajar matematika siswa masih kurang, proses pembelajaran yang terjadi kurang efektif. Oleh karena itu diperlukan pemilihan model dan media pembelajaran yang salah satunya adalah model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan. Subjek penelitian ini adalah kelas VII C SMPN 1 Semanding tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan respon siswa yang diperoleh dengan metode tes dan angket. Analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, Penerapan model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Hal ini dapat ditunjukan dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I, II, dan III yaitu (60,47; 68,44 dan 86,25) dan prosentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III adalah (46,88%; 75%; 93,75%). Respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan pada setiap aspek selama pembelajaran yang berada pada keterangan senang yaitu 92,58%, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika adalah positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emilia, Febriyanti, Imam Supeno & Lathiful anwar. 2013. Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Media Pohon Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii E Smp Tamansiswa Malang. (Online) (http://ArtikeLCFA4034622C83875836128838C379BCE.pdf). Diakses tanggal 27 Februari 2018

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Belajar

Ferdiansyah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. (Online) (http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jopmk/article/view/68, diakses 7 Maret 2018)

Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang : Universitas Negeri Malang

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Published

16-04-2019

How to Cite

Liyawati, I. A. and Sulistyaningrum, H. (2019) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), pp. 7–10. doi: 10.55719/jrpm.v1i1.62.

Issue

Section

Articles