PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.62Kata Kunci:
hasil belajar matematika, Osborn, pohon matematikaAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh minat belajar matematika siswa masih kurang, proses pembelajaran yang terjadi kurang efektif. Oleh karena itu diperlukan pemilihan model dan media pembelajaran yang salah satunya adalah model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan. Subjek penelitian ini adalah kelas VII C SMPN 1 Semanding tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan respon siswa yang diperoleh dengan metode tes dan angket. Analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, Penerapan model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Hal ini dapat ditunjukan dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I, II, dan III yaitu (60,47; 68,44 dan 86,25) dan prosentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III adalah (46,88%; 75%; 93,75%). Respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan pada setiap aspek selama pembelajaran yang berada pada keterangan senang yaitu 92,58%, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika adalah positif.
Unduhan
Referensi
Emilia, Febriyanti, Imam Supeno & Lathiful anwar. 2013. Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Media Pohon Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii E Smp Tamansiswa Malang. (Online) (http://ArtikeLCFA4034622C83875836128838C379BCE.pdf). Diakses tanggal 27 Februari 2018
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Belajar
Ferdiansyah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. (Online) (http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jopmk/article/view/68, diakses 7 Maret 2018)
Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang : Universitas Negeri Malang
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.