PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i2.87Keywords:
Open Ended Approach, Creativity, Solving.Abstract
Pentingnya kreativitas dalam pemecahan masalah serta kondisi yang dialami siswa SMPN 24 Semarang bahwa kreativitas masih menjadi kendala sampai saat ini. Permasalahan dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematis diperlukan strategi pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended diatas KKM. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis metodologi penelitian adalah penelitian eksperimental. Peneliti melakukan eksperimen dengan tujuan yang jelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas saling berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, yang menunjukan adanya hubungan positif antara variabel bebas dengan variabel terikat saling berpengaruh. Hasil Penelitian dapat disimpulkan: (1) Berdasarkan penelitian menggunakan pendekatan open ended siswa memiliki nilai diatas kkm. (2) Kreativitas berpengaruh terhadap penyelesaian masalah matematis terlihat dari hasil analisiss regresi menunjukkan nilai sig 0,002 < 0,05.
Kata kunci : Pendekatan Open Ended, Kreativitas, Pemecahan.
Downloads
References
Fahim, M & Pezeshki, M. (2012). Manipulating Critical Thinking Skills in Test Taking. International Journal of Education.Vol 4, No 1, Hal 153-160.
Fauzan, A. (2011). Modul 1 Evaluasi Pembelajaran Matematika. PemecahanMasalah Matematika. Evaluasi matematika.net: Unversitas Negeri Padang.
Fuadi, R. (2016) Peningkatan Kemampuan dan Penalaran Matematis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didakdika Matematika Vol.3No.1
Giny, N,. H,.& dkk (2014) Pengaruh Pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matenatis dan motivasi belajar,skripsi: Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang
Sari, Y., Kurniawati, I., & Pramesti, G. (2013). Penerapan Pendekatan OpenEnded Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Ditinjau Dari Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi,1(1), 8-17.
Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Statistik dan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa melalui Pendekatan Open Ended. JRPM (Jurnal Riset Pendidikan Matematika), 4 (2), 241.
Suherman, & dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. P-25, Tahun 2009 (402 - 413).
Dewi, I. (2019). Profil Komunikasi Mahasiswa Matematika Calon Guru Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Disertasi. Surabaya: PPS UNESA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.