PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Authors

  • Kus Indah Puji Lestari Universitas Ivet
  • Akhmad Nayazik Universitas Ivet
  • Destia Wahyu Hidayati Universitas Ivet

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i2.87

Keywords:

Open Ended Approach, Creativity, Solving.

Abstract

Pentingnya kreativitas dalam pemecahan masalah serta kondisi yang dialami siswa SMPN 24 Semarang bahwa kreativitas masih menjadi kendala sampai saat ini. Permasalahan dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematis diperlukan strategi pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended diatas KKM. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis metodologi penelitian adalah penelitian eksperimental. Peneliti melakukan eksperimen dengan tujuan yang jelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas saling berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, yang menunjukan adanya hubungan positif antara variabel bebas dengan variabel terikat saling berpengaruh. Hasil Penelitian dapat disimpulkan: (1) Berdasarkan penelitian menggunakan pendekatan open ended siswa memiliki nilai diatas kkm. (2) Kreativitas berpengaruh terhadap penyelesaian masalah matematis terlihat dari hasil analisiss regresi menunjukkan nilai sig 0,002 < 0,05.

Kata kunci : Pendekatan Open Ended, Kreativitas, Pemecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Debra, P, S,. & dkk. (2015) Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 2 No. 2 Tahun 2017

Fahim, M & Pezeshki, M. (2012). Manipulating Critical Thinking Skills in Test Taking. International Journal of Education.Vol 4, No 1, Hal 153-160.

Fauzan, A. (2011). Modul 1 Evaluasi Pembelajaran Matematika. PemecahanMasalah Matematika. Evaluasi matematika.net: Unversitas Negeri Padang.

Fuadi, R. (2016) Peningkatan Kemampuan dan Penalaran Matematis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didakdika Matematika Vol.3No.1

Giny, N,. H,.& dkk (2014) Pengaruh Pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matenatis dan motivasi belajar,skripsi: Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang

Sari, Y., Kurniawati, I., & Pramesti, G. (2013). Penerapan Pendekatan OpenEnded Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Ditinjau Dari Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi,1(1), 8-17.

Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Statistik dan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa melalui Pendekatan Open Ended. JRPM (Jurnal Riset Pendidikan Matematika), 4 (2), 241.

Suherman, & dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. P-25, Tahun 2009 (402 - 413).

Dewi, I. (2019). Profil Komunikasi Mahasiswa Matematika Calon Guru Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Disertasi. Surabaya: PPS UNESA.

Published

28-10-2019

How to Cite

Puji Lestari, K. I., Nayazik, A. and Hidayati, D. W. (2019) “PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp. 9–14. doi: 10.55719/jrpm.v1i2.87.

Issue

Section

Articles