EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF ETHMAMENKU BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP METEMATIS

Penulis

  • Desy Suryani Universitas Muria Kudus
  • Savitri Wanabuliandari Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1085

Kata Kunci:

Etnomatematika, Media Interaktif, Konsep Matematis.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam pembelajaran matematika yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika salah salah satu penyebabnya adalah pengunaan media pemebalajaran atau bahan ajar yang masih menggunakan media cetak seperti LKS dan buku paket serta proses pembelajaran yang terjadi masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas mengenai media interaktif Ethmamenku (Etnomatematika Menara Kudus) berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuntitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas gain. Hasil penelitian meujukan bahwa media interaktif Ethmamenku (Etnomatematika Menara Kudus)berbasis android dinyatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Dilihat dari hasil uji coba terbatas dan uji coba luas meperoleh hasil dari uji n-gain bahwa terdapat selisih atau peningkatan antar nilai Ethmamenku (Etnomatematika Menara Kudus) sebelum dan sesudah menggunakan media. Berdasarkan hasil tersebut media interaktif Ethmamenku (Etnomatematika Menara Kudus) berbasis android efektif digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afriyani, D., Wanabuliandari, S., & Sumaji. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Laerning (Pbl) Berbantuan Math Home Application Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat) 2023 Program Studi Pendidikan Matematika Fkip, Universitas Muria Kudus.

Amalia, K. R. (2020). Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendidikan Progresif Dengan Penggunaan Kalkulator Saintifik. . Journal Of Mathematics Education And Application, 2(4), 1141–1153.

Amalia, N. A., Wanabuliandari, S., & Rahayu, R. (2022). Pengembangan Ethno–Virtual Card Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Rasa Ingin Tahu. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 317–326.

Annur, F. M. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2), 195–201.

Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6(6), 4166–4173.

Astutia, I. A. D. W., Sumami, R. A., & Sarawati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62.

Astuti, D., Sukirwan, S., Pamungkas, A. S., & Yandari, I. A. V. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. Journal Of Mathematics Education, 6(2), 139–149.

Dwianjani, N. K. V., Astawa, I. W. P., & Sukajaya, I. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Brsd Berorientasi Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2).

Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Media Pembelajaran di SD. Universitas Muria Kudus.

Fauziyyatul A. E., Utaminingsih, S., Widjanarko. (2023). Pengembangan model course review horay berbantu media pasutar (papan surat bangun datar) untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas III SD. Journal of Elementary Education, 06.

Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Pembelajaran Tgt Berbasis Media Ftb. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646–1660.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 354–364.

Rahmadhani, E. (2022). Ethnomathematics Dan Permainan Tradisional Dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1).

Rahman, T., & Saputra, J. (2022). Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Melalui Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(1).

Riswari, L. A., & Salamah, U. (2022). The Influence Of Gibran Giat Education Game On Mathematics Conceptual Understanding Of Fourth Grader. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1).

Salamah, U., Fardani, M. A., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Magic Book Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 765–772.

Salma, R., Fakhriyah, F., & Riswari, L. A. (2023). Kolaborasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Terpadu di SD IT Al Islam Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6(1), 587–599.

Suciati. (2020). Peningkatan Kreatifitas Dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (1st ed., Vol. 5). In Edisi Khusus Kbm Pandemi Covid .

Sugiyono. (2018a). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta Cv.

Sugiyono. (2018b). Pendekatan Kuantitatif, KUalitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Suraji, Maimunaha, & Saragih, S. (2018). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif Yang Dikembangkan Mengacu Pada Model Pisa. Journal Of Mathematics Education, 4(1), 9–16.

Wahid, & Handayanto, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbaisis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flas Professional CS5 pada Siswa Kelas VIII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2023). Effectiveness of Edutainment Module Based on Local Excellence of Pantai Utara Indonesia Reviewed from Students’ Concept Understanding. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 41–46.

Wanabuliandari, S., Biantoro, H. S., & Sumaji. (2022). Statstik Penenlitaian Pendidikan. Universitas Muria Kudus.

Yasmansyah, & Sesmiarni Z. (2022). Konsep Merdak Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia (JPION), 1(1), 29–34.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-24

Cara Mengutip

Suryani, D., Wanabuliandari, S. dan Ardana Riswari, L. (2024) “EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF ETHMAMENKU BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP METEMATIS”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), hlm. 31–38. doi: 10.55719/jrpm.v6i1.1085.

Terbitan

Bagian

Articles