Merangkul Diversitas Budaya melalui Matematika: Pendekatan Ethnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1097Kata Kunci:
ethnomatematika, budaya, pembelajaran matematikaAbstrak
Kajian ini penting untuk merangkul diversitas budaya dalam pembelajaran matematika dengan tujuan mengimplementasikan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika guna membantu merangkul diversitas budaya siswa, meningkatkan pemahaman matematika, dan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Metode tulisan menggunakan literature review. Prosedur kajian literature terhadap sumber pustaka rujukan, dimulai dengan mengumpulkan data berupa referensi-referensi yang berkaitan dengan implementasi budaya dalam pembelajaran matematika yang lebih ditekankan pada ethnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah, kemudian diikuti dengan menganalisis referensi-referensi tersebut dan menyajikan implikasi dari hasil kajian pustaka dalam kegiatan pembelajaran. Analisis hasil berisi uraian yang lengkap tentang cara menganalisis konsep yang diteliti dengan menggunakan pendekatan analitik, yaitu melalui proses analisis data atau informasi dengan memberikan argumentasi melalui berpikir logis dan yang selanjutnya diambil suatu kesimpulan. Implementasi Ethnomatematika dalam pendidikan adalah langkah penting menuju pendidikan yang lebih inklusif, relevan, dan berorientasi budaya. Ini membantu merangkul diversitas budaya siswa, meningkatkan pemahaman matematika, dan meningkatkan motivasi siswa.
Unduhan
Referensi
Ajmain, Herna, & Sitti Inaya Masrura. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54.
Astuti, W. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Wilayah Pedesaan Dan Perkotaan Di Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of History Education, 4(1), 69–76.
Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.
Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of the Toba Community: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornament on Bataks House). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012042
Dominikus, W., Madu, A., Sabon, Z., & Jalo, P. (2023). Ethnomathematics at the Traditional House of Mbaru Niang Wae Rebo, Manggarai. https://doi.org/10.4108/eai.21-10-2022.2329709
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2023). The Importance of Ethnomathematics Education. Creative Education, 14(04), 729–740. https://doi.org/10.4236/ce.2023.144048
François, K. (2010). The Role of Ethnomathematics Within Mathematics Education. Proceedings of Cerme, December, 1517–1526.
Gutiérrez, R. (2017). Living Mathematx: Towards a vision for the future. Proceedings of the 39th Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, November 2017, 25. http://files/15/Gutiérrez - 2017 - LIVING MATHEMATX TOWARDS A VISION FOR THE FUTUREi.pdf%0Ahttp://files/776/Gutiérrez - 2017 - LIVING MATHEMATX TOWARDS A VISION FOR THE FUTUREi.pdf
Hariastuti, R. M., Budiarto, M. T., & Manuharawati, M. (2020). Incorporating Culture and Mother Tongue in Mathematics Learning : Counting Operation in Traditional Houses Using Banyuwangi. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 3(2), 62. https://doi.org/10.29103/mjml.v3i2.2482
Herawaty, D., & Widada, W. (n.d.). The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074
Jiyanto, J., & Efendi, A. E. (2016). Implementasi Pendidikan Multikultural di Madrasah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 25. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1366
Jourdain, L., & Sharma, S. V. (2016). Language challenges in mathematics education for English language learners: A literature review. Waikato Journal of Education, 21(2), 43–56. https://doi.org/10.15663/wje.v21i2.269
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Khasawneh, E., Gosling, C., & Williams, B. (2021). What impact does maths anxiety have on university students? BMC Psychology, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s40359-021-00537-2
Koskinen, R. (2022). Meaningful Learning in Mathematics : A Research Synthesis of Teaching Approaches. 17(2).
Leclerc, A. M., Boulanger, M., Miquelon, P., & Rivard, M. C. (2022). First Nations Peoples’ Eating and Physical Activity Behaviors in Urban Areas: A Mixed-Methods Approach. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(16). https://doi.org/10.3390/ijerph191610390
Lipka, J., Hogan, M. P., Webster, J. P., Yanez, E., Adams, B., Clark, S., & Lacy, D. (2005). Math in a Cultural Context: Two Case Studies of a Successful Culturally Based Math Project. Anthropology Education Quarterly, 36(4), 367–385. https://doi.org/10.1525/aeq.2005.36.4.367
Lubis, A. N. M. T., Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2021). The ability to solve mathematical problems through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012050
Matang, Rex, Owens, K. (2004). Rich Transitions From Indigenous Counting Systems To English Arithmetic Strategies: Implications for Mathematics Education in Papua New Guinea. Icme-10, 14, 107–118. http://www.dm.unipi.it/~favilli/Ethnomathematics_Proceedings_ICME10.pdf#page=123
Mauluah, L. M. (2022). Studying Mathematics Around Keraton Yogyakarta. Ethnomathematics Journal, 3(1), 11–18. https://journal.uny.ac.id/index.php/ethnomath/article/view/40000
Moats, L. C. (2020). Speech to print language essentials for teachers. 1–11. http://slubdd.de/katalog?TN_libero_mab216782845
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Pratiwi, K. R., Nurmaina, M., & Aridho, F. F. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99–105.
Pujiyanti, U., & Zuliani, F. R. (2014). Cross Cultural Understanding: a Handbook To Understand Others’ Cultures (Vol. 1).
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics Etnomatemática: os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.
Rosa, M., & Shirley, L. (2016). Introduction. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_1
Rustam Ibrahim. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 129–154. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/573%0Ahttp://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573
Saparuddin, A., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika Dalam Perspektif Problematika Pembelajaran Matematika : Tantangan Pada Siswa Indigenous. Universitas Negeri Semarang, 910–916.
Sarı, M. H., & Yüce, E. (2020). Problems experienced in classrooms with students from different cultures. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 13(2), 90–100. https://doi.org/10.7160/eriesj.2020.130204
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol. 4(1), 220–234.
Tampubolon, T., Sibarani, S., Zakiah, N., Zaini, H., Tapanuli, S. X. I. I., Utara, T., & Utara, S. (2023). Ethnomathematics Learning to Improve Understanding for Numeracy Concepts Students ’. 12(2), 358–366.
Utami, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 116–124. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.1841
Wulandari, I. A. P. A., & Puspadewi, K. adek R. (2016). Budaya dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika yang Kreatif. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 31–37. https://www.neliti.com/publications/129201/budaya-dan-implikasinya-terhadap-pembelajaran-matematika
Yandani, P. E., & Agustika, G. N. S. (2022). Implementation of Ethnomathematics in Mathematics Learning Videos for First Grade of Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 326–336. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47683
Zuhri, Z., Dewi, S. V., Kusuma, J. W., Rafiqoh, S., Mahuda, I., & Hamidah, H. (2023). Implementation of Ethnomathematics Strategy in Indonesian Traditional Games as Mathematics Learning Media. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(2), 294–302. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i2.613
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.