Merangkul Diversitas Budaya melalui Matematika: Pendekatan Ethnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah

Penulis

  • Aleksius Madu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1097

Kata Kunci:

ethnomatematika, budaya, pembelajaran matematika

Abstrak

Kajian ini penting untuk merangkul diversitas budaya dalam pembelajaran matematika dengan tujuan mengimplementasikan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika guna membantu merangkul diversitas budaya siswa, meningkatkan pemahaman matematika, dan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Metode tulisan menggunakan literature review. Prosedur kajian literature terhadap sumber pustaka rujukan, dimulai dengan mengumpulkan data berupa referensi-referensi yang berkaitan dengan implementasi budaya dalam pembelajaran matematika yang lebih ditekankan pada ethnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah, kemudian diikuti dengan menganalisis referensi-referensi tersebut dan menyajikan implikasi dari hasil kajian pustaka dalam kegiatan pembelajaran. Analisis hasil berisi uraian yang lengkap tentang cara menganalisis konsep yang diteliti dengan menggunakan pendekatan analitik, yaitu melalui proses analisis data atau informasi dengan memberikan argumentasi melalui berpikir logis dan yang selanjutnya diambil suatu kesimpulan. Implementasi Ethnomatematika dalam pendidikan adalah langkah penting menuju pendidikan yang lebih inklusif, relevan, dan berorientasi budaya. Ini membantu merangkul diversitas budaya siswa, meningkatkan pemahaman matematika, dan meningkatkan motivasi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajmain, Herna, & Sitti Inaya Masrura. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54.

Astuti, W. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Wilayah Pedesaan Dan Perkotaan Di Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of History Education, 4(1), 69–76.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of the Toba Community: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornament on Bataks House). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012042

Dominikus, W., Madu, A., Sabon, Z., & Jalo, P. (2023). Ethnomathematics at the Traditional House of Mbaru Niang Wae Rebo, Manggarai. https://doi.org/10.4108/eai.21-10-2022.2329709

Fouze, A. Q., & Amit, M. (2023). The Importance of Ethnomathematics Education. Creative Education, 14(04), 729–740. https://doi.org/10.4236/ce.2023.144048

François, K. (2010). The Role of Ethnomathematics Within Mathematics Education. Proceedings of Cerme, December, 1517–1526.

Gutiérrez, R. (2017). Living Mathematx: Towards a vision for the future. Proceedings of the 39th Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, November 2017, 25. http://files/15/Gutiérrez - 2017 - LIVING MATHEMATX TOWARDS A VISION FOR THE FUTUREi.pdf%0Ahttp://files/776/Gutiérrez - 2017 - LIVING MATHEMATX TOWARDS A VISION FOR THE FUTUREi.pdf

Hariastuti, R. M., Budiarto, M. T., & Manuharawati, M. (2020). Incorporating Culture and Mother Tongue in Mathematics Learning : Counting Operation in Traditional Houses Using Banyuwangi. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 3(2), 62. https://doi.org/10.29103/mjml.v3i2.2482

Herawaty, D., & Widada, W. (n.d.). The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074

Jiyanto, J., & Efendi, A. E. (2016). Implementasi Pendidikan Multikultural di Madrasah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 25. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1366

Jourdain, L., & Sharma, S. V. (2016). Language challenges in mathematics education for English language learners: A literature review. Waikato Journal of Education, 21(2), 43–56. https://doi.org/10.15663/wje.v21i2.269

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Khasawneh, E., Gosling, C., & Williams, B. (2021). What impact does maths anxiety have on university students? BMC Psychology, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s40359-021-00537-2

Koskinen, R. (2022). Meaningful Learning in Mathematics : A Research Synthesis of Teaching Approaches. 17(2).

Leclerc, A. M., Boulanger, M., Miquelon, P., & Rivard, M. C. (2022). First Nations Peoples’ Eating and Physical Activity Behaviors in Urban Areas: A Mixed-Methods Approach. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(16). https://doi.org/10.3390/ijerph191610390

Lipka, J., Hogan, M. P., Webster, J. P., Yanez, E., Adams, B., Clark, S., & Lacy, D. (2005). Math in a Cultural Context: Two Case Studies of a Successful Culturally Based Math Project. Anthropology Education Quarterly, 36(4), 367–385. https://doi.org/10.1525/aeq.2005.36.4.367

Lubis, A. N. M. T., Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2021). The ability to solve mathematical problems through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012050

Matang, Rex, Owens, K. (2004). Rich Transitions From Indigenous Counting Systems To English Arithmetic Strategies: Implications for Mathematics Education in Papua New Guinea. Icme-10, 14, 107–118. http://www.dm.unipi.it/~favilli/Ethnomathematics_Proceedings_ICME10.pdf#page=123

Mauluah, L. M. (2022). Studying Mathematics Around Keraton Yogyakarta. Ethnomathematics Journal, 3(1), 11–18. https://journal.uny.ac.id/index.php/ethnomath/article/view/40000

Moats, L. C. (2020). Speech to print language essentials for teachers. 1–11. http://slubdd.de/katalog?TN_libero_mab216782845

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Pratiwi, K. R., Nurmaina, M., & Aridho, F. F. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99–105.

Pujiyanti, U., & Zuliani, F. R. (2014). Cross Cultural Understanding: a Handbook To Understand Others’ Cultures (Vol. 1).

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics Etnomatemática: os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.

Rosa, M., & Shirley, L. (2016). Introduction. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_1

Rustam Ibrahim. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 129–154. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/573%0Ahttp://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573

Saparuddin, A., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika Dalam Perspektif Problematika Pembelajaran Matematika : Tantangan Pada Siswa Indigenous. Universitas Negeri Semarang, 910–916.

Sarı, M. H., & Yüce, E. (2020). Problems experienced in classrooms with students from different cultures. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 13(2), 90–100. https://doi.org/10.7160/eriesj.2020.130204

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol. 4(1), 220–234.

Tampubolon, T., Sibarani, S., Zakiah, N., Zaini, H., Tapanuli, S. X. I. I., Utara, T., & Utara, S. (2023). Ethnomathematics Learning to Improve Understanding for Numeracy Concepts Students ’. 12(2), 358–366.

Utami, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 116–124. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.1841

Wulandari, I. A. P. A., & Puspadewi, K. adek R. (2016). Budaya dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika yang Kreatif. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 31–37. https://www.neliti.com/publications/129201/budaya-dan-implikasinya-terhadap-pembelajaran-matematika

Yandani, P. E., & Agustika, G. N. S. (2022). Implementation of Ethnomathematics in Mathematics Learning Videos for First Grade of Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 326–336. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47683

Zuhri, Z., Dewi, S. V., Kusuma, J. W., Rafiqoh, S., Mahuda, I., & Hamidah, H. (2023). Implementation of Ethnomathematics Strategy in Indonesian Traditional Games as Mathematics Learning Media. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(2), 294–302. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i2.613

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-24

Cara Mengutip

Madu, A. (2024) “Merangkul Diversitas Budaya melalui Matematika: Pendekatan Ethnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), hlm. 39–48. doi: 10.55719/jrpm.v6i1.1097.

Terbitan

Bagian

Articles