PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL MENGGUNAKAN KODULAR PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP NEGERI 30 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1115Kata Kunci:
Modul Digital, Garis dan Sudut, R&DAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mrnghasilkan sebuah modul digital menggunakan kodular pada materi garis dan sudut yang valid dan praktis untuk siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Hasil uji validasi modul digital menggunakan kodular adalah 81,73% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas modul digital menggunakan kodular adalah 94,95% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul digital menggunakan kodular pada materi garis dan sudut di kelas VII SMP Neger 30 Padang sudah layak untuk digunakan dan berada pada kategori valid dan praktis.
Unduhan
Referensi
ALbdul Kaldir. (2018). Pemrogralmaln ALndroid & Daltalbalse (Diterbitkaln). Jalkalrtal: Penerbit PT Elex Medial Komputindo Kelompok Gralmedial, ALnggotal IKALPI, Jalkalrtal 2018.
ALhmalidi & Dewi.( 2014). Pengalruh Pembelaljalraln Salvi Berbalsis Medial Simulalsi.Jurnall Ilmialh Pendidikaln Kimial “Hydrogen”, 2(1), 144-148. https://ejournall.pkpsmikipmaltalralm.org/index.php/hydrogen/alrticle/viewFile/395/371
Depdiknals. 2008. Palndualn Pengembalngaln Balhaln ALjalr, Jalkalrkal: Depdiknals.
Direktoralt Jenderall Pendidikaln Dalsalr daln Menengalh Kementrialn Pendidikaln daln Kebudalyalaln (2017).Implementalsi PengembalngalnK ecalkalpaln ALbald 21 dallalm Rencalnal Pelalksalnalaln Pembelaljalraln(RPP).
Dr.Riduwaln,M.Pd.,M.B.(2019).BelaljalrMudalhPenelitialnuntukGuruKalryalwalndaln Peneliti Pemulal.ALlfalbetal.
Halriyalni, S. (n.d.). Berpikir Outside The Box Malhalsiswal dallalm Menyelesalikaln Malsallalh. In Resealrchgalte.Net.
Malulaldalniyalnti, R., & Kurnialwaln, D.(2018). GeoEnzo utilizaltion als malthemaltics lealrning medial with contextuall alpproalch to increalse geometry understalnding. Journall of Physics: Conference Series, 1132(1).
Rery, Herdini, & Malrialnsi. (2022). Pengembalngaln e-LKPD Berbalsis ALttention, Relevalnce, Confidence, alnd Saltisfalction Menggunalkaln Liverworksheets Paldal Malteri Kesetimbalngaln Ion daln Ph Lalrutaln Galralm. 10(2).
Syifal Sallsalbilal, Nurul ALnrialni, C. AL. H. F. S. (2023). Pengembalngaln e-modul paldalalndroid menggunalkaln kodulalr untuk meningkaltkaln kemalmpualn representalsi maltemaltis siswal. 8(September 2022), 1-10.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.