MODEL PEMBELAJARAN NOVICK DENGAN MEDIA ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Penulis

  • Ima Ni'matuzzahroh MTs. Hidayatul Mubtadiin Jenu

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.145

Kata Kunci:

Origami, Pembelajaran Novick, Berpikir Kritis, Respon Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan pembelajaran novick dengan media origami pada materi segitiga siswa kelas VII MTS. Hidayatul Mubtadiin Jenu tahun ajaran 2017/2018.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs. Hidayatul Mubtadiin Jenu tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 27 siswa. Data dalam penelitian ini adalah data tentang angket respon siswa dan kemampuan berpikir kritis.Hasil penelitian yang diperoleh melalui soal tes kemampuan berpikir kritis siklus I yaitu 56,67 dan terjadi peningkatan pada hasil soal tes kemampuan berpikir kritis siklus II yaitu 65,74 dan terjadi peningkatan pada hasil soal tes kemampuan berpikir kritis siklus III yaitu 82,22 itu artinya skor yang diperoleh telah mencapai target dan kriteria keberhasilan. Presentase rata-rata respon positif siswa sebesar 88,75 %.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berpikir Kritis Siswa (Online).http://repository.upi.edu/skrripsiview. Diakses januari 2013.

Akmalia, I.W., 2018. Van Hiele Learning With Origami Papaer Media In Increasing Mathematical Learning. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), pp.121-132.

Arifin, Zaenal. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya :Lentera Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Diyanti, Nita. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick Untuk Meminimalisasi Miskonsepsi Siswa Pada Pelajaran Fisika (Online).http://repository.upi.edu/skrripsiview. Diakses januari 2013.

Fachruazi. (2012). Kemampuan berpikir kritis (Online), http://priyadi.net, diakses november 2015

Facione. 1990. Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction “The Delphi Report” Executive Summary. California: The California Academic Pres

Fisher, (2018). berpikir kritis (Online), http://priyadi.net, diakses november 2015

Hazibur, (2015). Media Origami (Online), http://repository.upi.edu/skrripsiview, diakses november 2015

Ida, Hastuti Dwi. 2012. Penerapan Pendekatan Realistick Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs.FKIP. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Komala, (2008). Modl pembelajaran Novick (Online), http://priyadi.net, diakses november 2016

Kowiyah, (2012). berpikir kritis (Online), http://priyadi.net, diakses november 2015

Kusumaningsih, (2011). Penerapan Model Pembelajaran Berpikir Kritis Siswa (Online).http://repository.upi.edu/skrripsiview. Diakses januari 2013.

Lambertus.2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika di Sd. Forum KependidikanVol 28 Nomor 2.

Ni’mah, Imroatun. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs.FKIP. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Nurcahyo, P I. (2005). Berpikir Kritis. (Online), http://priyadi.net, diakses november 2015

Nurvitasari, Novi. 2015. Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Kertas Lipat Dalam Pembelajaran Segitiga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mts.FKIP.Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Pitaloka, Diah Ayu. 2017. Penerapan Pembelajaran Dengan Media Kertas Origami Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Smp.FKIP.Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Rohman. (2015). Media Origami Dalam Pembelajaran (Online), http://gandalwaven.typepad.com, diakses Desember 2014.
Scriven, Michael and Richard Paul (2007). Defining Critical Thinking. (Online), http://www.critical thinking.org, diakses januari 2018

Solikhin, Jayus Riyadi. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Novick Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Smp. (Online). http://repository.upi.edu/skrripsiview. Diakses januari 2013.

Shimshon, Joseph Nussabaum. (1982). Penerapan Model Pembelajaran Novick Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp. (Online). http://repository.upi.edu/skrripsiview. Diakses januari 2013.

Sulaiman, (2012). Model Pembelajaran Novick. (Online). http://repository.upi.edu/skrripsiview. Diakses januari 2013.

Somakim.2011.Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Forum MIPA, Volume 14, Nomor 1. (Online) http://eprints. unsri.ac.id, diakses januari 2018

Sugiyono,(2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Dosen Metodologi Penelitian.2017. Pedoman Penulisan Skripsi.Tuban.Lembaga Penelitian UNIROW Tuban.

Unduhan

Diterbitkan

2020-04-16

Cara Mengutip

Ni'matuzzahroh, I. (2020) “MODEL PEMBELAJARAN NOVICK DENGAN MEDIA ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), hlm. 23–30. doi: 10.55719/jrpm.v2i1.145.

Terbitan

Bagian

Articles