PROFIL PROFIL TINGKAT KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DILIHAT DARI DIMENSI PENILAIAN

PROFIL TINGKAT KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DILIHAT DARI DIMENSI PENILAIAN

Penulis

  • Fatma Fela Sufa

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.512

Kata Kunci:

HOTS, Penilaian Pembelajaran, Kesulitas Guru

Abstrak

Pembelajaran diadakan proses evaluasi atau penilaian bermanfaat untuk mendukung peningkatan dalam pembelajaran, dalam penilaian diperlukan adanya instrumen yang mendukung peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif dan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan guru matematika Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Tuban dalam menerapkan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam dimensi penilaian. Permasalahan kesulitan guru dalam dimensi penilaian pembelajaran HOTS tersebut dibutuhkan kemampuan guru untuk menilai hasil belajar, menilai proses pembelajaran, dan mengolah nilai dalam bentuk nilai persentase. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mempunyai populasi yaitu guru matematika yang hanya mengajar padatingkat Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Tuban. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei angket melalui aplikasi Zoho Formulir dengan menyebarkan link angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kesulitan guru matematika Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Tuban terhadap penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dilihat dari dimensi penilaian pada kategori “sangat sulit” sebesar 0% (0 guru), kategori “sulit” 39% (13 guru), kategori “cukup sulit” 61% (20 guru), kategori “tidak sulit” 0% (0 guru), “sangat tidak sulit” 0% (0 guru), jadi tingka kesulitan guru matematika dalam penerapan pembelajaran berbasis HOTS dilihat dari dimensi penilaian masuk dalam kategori cukup sulit.

Kata Kunci: HOTS, Penilaian Pembelajaran, Kesulitas Guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik-Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Attamimi HR, Setiadi H, & Ernawati.(2021). Evaluasi Penilaian Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Labschool Kebayoran. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP).

Fauzi, A., Sawitri, D., Syahrir., (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 6. No. 1. April 2020. P-ISSN: 2442-9511, e-ISSN: 2656-5862.

Mahmudah U, Fikroh FH. (2021). Analisis Kesulitan guru dalam Pembelajaran Matematika secara Daring.Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA) 2021.

Miftahuddin, A., Nurfalah, E., & Yuliastuti, R. (2021). TANTANGAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL MATEMATIKA SMK BERBASIS HOTS DI MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), 91–100.

Mulyaningsih, I., Itaristanti,(2018), "Pengembangan Pembelajaran Abad 21 Bermuatan HOTS (High Order Thinkig Skills). (Proposal: DAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2018) 4-5.

Munawaroh. (2019). Kesulitan Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Asesmen Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan

Uniiversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nantara, D. (2021). Menumbuhkan Berpikir Kritis pada Siswa melalui Peran Guru dan Peran Sekolah. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 25–34.

Posma (2021). Analisis Kesulitan Guru Bahasa Indonesia dalam Penerapan Pembelaja Higher Order Thiking Skills (HOTS) Di SMK Swasta Pariwisata Prima Sidikalang.Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia. ISSN: 2550-0848; ISSN Online : 2614-2988Vol 5, No. 2, Maret 2021.

Putri, BA & Sofyan, FA. (2019). Analisis Kesulitan Proses Pembelajaran Berbasis Hots di Kelas VSDN 4 Muara Padang. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education p-ISSN:2620 3251 e-ISSN: 2615-6121 Vol. 2, No. 2, Oktober 2019, Hal 59-73.

Saraswati, PMS.,& Agustika GNS .(2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam MenyelesaikanSoal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 4, Number 2, 2020 pp. 257-269P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174.

Sofyan, F. 2019. Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa.

Sugiyono, Prof.(2019).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D.Bandung: Alfabeta.

Sumaryanta. (2018). Penilaian HOTS dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal Of Mathematics and Education. Vol.8, No.8, Tahun 2018. ISSN 2407-8530.

Suryadi, S. (2020). PEMBELAJARAN ERA DISRUPTIF MENUJU MASYARAKAT 5.0 (Sebuah Telaah Prespektif Manajemen Pendidikan). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Wahyudi.(2021). Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Berbasis Hots Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA/MA/SMK Kabupaten Cirebon. Pascasarjana Bahasa Indonesia, Univesitas Swadaya Gunung Jati.

Diterbitkan

2022-10-30

Cara Mengutip

Sufa, F. F. (2022) “PROFIL PROFIL TINGKAT KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DILIHAT DARI DIMENSI PENILAIAN: PROFIL TINGKAT KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DILIHAT DARI DIMENSI PENILAIAN”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2). doi: 10.55719/jrpm.v4i2.512.

Terbitan

Bagian

Articles