PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SD BERBASIS E-LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.522Kata Kunci:
media pembelajaran, matematika, audiovisualAbstrak
Penelitian dilatar belakangi oleh pengembangan audiovisual untuk meningkatkan pembelajaran berupa video yang belum optimal dan baru perancangan dan kurangnya muatan pembelajaran berbasis audiovisual. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui rancangan pembuatan media dengan kelayakan dan kemampuan pengajar dalam penggunaan dan pembuatan media berbasis video. Metode yang digunakan ialah menggunakan metode kualitatif dengan mencarain data dari berbagai sumber jurnal yang sudah tertera. Model pengembangan media yang digunakan dalam pedoman penelitian ini yaitu model 4-D. Adapun tahapan pada model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil dari penelitian ini melibatkan Pada penelitian ini juga menggunakan jenis penelitian Research and development (R&D). “Research and development (R&D) adalah metode penelitian yang di gunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifitasan produk tersebut. Penelitian Q&R merupakan penelitian yang di peruntukkan untuk dapat menghasilan produk yang baru dan dapat di uji keefektifitasannya”.
Unduhan
Referensi
Amalia, N. A., Wanabuliandari, S., & Rahayu, R. (2022). Pengembangan Ethno–Virtual Card Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Rasa Ingin Tahu. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 317–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1289
Jamil, A., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2022). Media Google Classroom Berbantuan Animasi PowerPoint terhadap Hasil Belajar Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 339–348.
Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG UNTUK KELAS V SD/MI. Journal of Elementary Education, 03(05), 259–267.
Lestari, I., & Sukmawarti, S. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berorientasi Problem Solving Pada Pembelajaran Soal Cerita Geometri Di SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 206–217.
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD, 8(5), 893–903.
Nurhasanah, A., Syafari, R., & Nurfaidah, A. R. (2022). Kesesuaian Buku Teks Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 227–236.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.
Purwanto, Y., & Rizk, S. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIMPUNAN BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 4(1), 67–77.
Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical Content Knowledge Guru dalam Pembelajaran Matematika Daring. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 281–292.
Sawitri., L. A. D., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan Audio Visual Berbasis Kontekstual Learning Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok untuk Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 74–84.
Silalahi, S. M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Penyampaian Materi Menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 215–226.
Sukma, H. H., & Evitriana, N. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK KOMPREHENSIF BERBASIS BUDAYA NUSANTARA UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR. 408–416.
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 1(2), 59–74. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.