VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA VIDEO ANIMASI BERBANTUAN ADOBE AFTER EFFECT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SMP KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.524Kata Kunci:
Learning Media, Video Animation, Adobe After Effects, Problem Based LearningAbstrak
Learning media is one of the tools used in the learning process. Learning media used in learning will affect students' interest in learning and understanding of students' concepts. The use of learning resources is still limited to the use of printed materials in the form of textbooks. This study aims to determine the validity of the development of animation video mathematics learning media assisted by Adobe After Effects based on Problem Based Learning for junior high school students. This research is an R&D (Research and Development) research. The development model used in this study is a 4-D model which is divided into 4 stages, namely, the Define, Design, Development and Disseminate stages. The results of the validity test were assessed from the results of the validation of material experts and media experts. The results of the validity test by material experts obtained an average score of 3 out of a maximum score of 4 with good criteria. The results of the validity test by media experts obtained an average score of 3.40 from a maximum score of 4 with good criteria. It was concluded that the results of the validation test of the animation video mathematics learning media assisted by Adobe After Effects based on Problem Based Learning for junior high school students were good for use in learning at school.
Unduhan
Referensi
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35.
Arnold, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( JPTN ), 06(1), 145–150.
Basuki, A. (2014). Modul 1 Mengenal Adobe After Effects.
Gandamana, A., & Marisa. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animakerpada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagai Mana Tubuh Mengolah Makanan Di Kelas 5 Sd Negeri 10 Rantauprapat. Elementary School Journal, 11(3), 213–221.
Milala, H. F., Endryansyah, Joko, & Agung, A. I. (2022). Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pedidikan Teknik Elektro, 11(02), 195–202.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizamial Learning Center.
Nurfalah, E., & Rohmah, F. (2021). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT VISUAL BASIC FOR APPLICATION. Prosiding SNasPPM, 5(2), 341-344.
Nurfalah, E., Yuliastuti, R., Rahayu, P., & Sulistyaningrum, H. (2021, February). Assessing the effectiveness of using digital mathematics technology on student mathematics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1776, No. 1, p. 012008). IOP Publishing.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Pitriani, R., & Saputra, E. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran MatematikaMenggunakan Vidio Animasi di SD Kelas Awal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6),
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68.
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19.
Safinah, N., & Nurfalah, E. (2021). Pengembangan Media Powerpoint Berbasis Geogebra Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 43–50.
Sari, S. L., Widyanto, A., & Kamal, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dalam smartphone pada materi sistem kekebalan tubuh manusia untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biotik, 4(1), 476–485.
Susanti, & Zulfiana, A. (2012). Jenis ‐ Jenis Media Pembelajaran. 1–5.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology,
Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.