PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.528Kata Kunci:
Kata Kunci: pendidikan matematika realistik, hasil belajarAbstrak
Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik merupakan salah satu pendekatan pengajaran matematika yang didasarkan pada hal-hal yang nyata atau nyata bagi siswa dan membantu siswa menemukan jawaban dari pertanyaan yang diberikan untuk menjadikan pembelajaran lebih bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan penerapan pendidikan matematika realistik yang mendukung hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan metode studi literatur atau studi pustaka. Sumber data pada penelitin ini yaitu 8 artikel yang telah diakses dari google schooral yang relevan menunjukkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika di Sekolah. Ini bisa menjadi pertimbangan oleh guru untuk membangkitkan kembali semangat belajar peserta didik sehingga kompetensi belajarnya juga akan meningkat terutama di zaman seperti sekarang ini.
Kata Kunci: pendidikan matematika realistik, hasil belajar
Unduhan
Referensi
Armiyanti. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 10. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3904
Asbar, R. F., & Witarsa, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 225–236. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1220
Asrina Mulyati, M. P. (2022). STUDI LITERATUR PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JURNAL RISET PENDIDIKAN DASAR DAN KARAKTER, 4(2), 103. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/index
Azizah, A. N., Stkip, D., & Cilacap, D. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian melalui Pendidikan Matematika Realistik Siswa Kelas III SD Negeri Karanglo. Jurnal PANCAR, 2(2).
Endang Sulistyowati. (2019). Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Menulis Surat Resmi Melalui Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VI SD 6 Getassrabi. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.3436
Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metodik Didaktik, 10(2), 27–36. https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180
Joseph, P. D. J., & Boiliu, F. M. (2021). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Penggunaan Teknologi pada Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2037–2045.
Juanda Fatra, Fauzi, N. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Perkalian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas III A SDN 5 Banda Aceh Jurnal Ilmiah Mahasiswa : Elementary Education Research Pendahuluan Matematika merupakan pelajaran yang diyakink. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 7(4), 181–188.
Komariah, N., Rustono, W. S., Abdul, D., & Lidinillah, M. (2017). Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Segi Empat melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 49–61.
Kusumah, D. R., Darmawan, D., Hermana, D., & Dimyati, E. (2018). Pemanfaatan Website Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Mempersiapkan dan Mengoprasikan Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(September), 699–702.
Marwati Vita, & Agung, S. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 TEMA 7 MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIK REALISTIK DI SDN KAMAL 3. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7), 592–605. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/japendi.v3i7.1042
Meirisa, A., Rifandi, R., & Masniladevi, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Gantang, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.508
Nanus, M. A., & Sam, A. (2020). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Literasi Pendidikan …, 1(2), 1–7. https://jlpdpgsd-unikastpaulus.id/JLPD/article/view/30%0Ahttps://jlpdpgsd-unikastpaulus.id/JLPD/article/download/30/19
Narwati, N. (2020). Penerapan pendekatan PMRI (pendidikan matematika realistik indonesia) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas persegi panjang siswa kelas III MIN 8 Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(1), 71–83. https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i1.2046
Noor Fajriah, E. A. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643
Nurfatmah, D. (2011). PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR SISWA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. 2. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/31506577/9-Evi_Soviawati-edit-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1666522201&Signature=SKfgZbyXctQLpDOA2dd0vHKRRlrkK8atD8vORjV67VEOXfX0Zk3Ks8AqGosjMyiPT2LF3XYI3FVNnWIJYy06KssKw8B3CzG6vKI-S9vJZ7sgV6WQH2RWhAkePBsNB1WF-qWUW9u
Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Pendidikan Tambusai, 4(2), 1511–1525.
Purwanto, S. E. (2006). Penggunaan Model Assessment Portofolio dalam Penilaian Proses dan Hasil Belajar Program Linear. Jurnal Mimbar Pendidikan, 1, 26–31. https://www.researchgate.net/profile/Sigid_Purwanto/publication/266482090_Penggunaan_Model_Assessment_Portofolio_dalam_Penilaian_Proses_dan_Hasil_Belajar_Program_Linear/links/5898621792851c8bb6801d82/Penggunaan-Model-Assessment-Portofolio-dalam-Penilaian-
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878
Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 154.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.