ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 12 KOTA SUNGAI PENUH PADA MATERI SPLDV

Penulis

  • Nada Afrima Sari IAIN Kerinci
  • Eline Yanty Putri Nasution IAIN Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.580

Kata Kunci:

Berpikir Aljabar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Abstrak

Matematika merupakan suatu bidang pengetahuan yang berperan penting untuk membantu siswa dalam menghadapi permasalahan di kehidupan sehari-hari. Menurut Lew (2004) aljabar itu bukan hanya himpunan fakta dan teknik tetapi juga merupakan cara berpikir. Dengan demikian, aljabar dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan berpikir matematika siswa yang disebut dengan kemampuan berpikir aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah kualitatif. Menurut Bodgan dan Taylor (dalam Basrowi, 2008) mengemukakan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian mengenai kemapuan berpikir aljabar siswa SMP Negeri 12 Kota Sungai Penuh kelas IX A dalam menylesaikan soal materi SPLDV, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir aljabar siswa IX A terbagi menjadi tiga kategori yaitu kategori tingkat tinggi, sedang dan rendah. Terdapat 16,67% siswa kemampuan tingkat tinggi, 25% siswa lemampuan tingkat sedang dan58,33% siswa yang kemampuan aljabar tingkat rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badawi, A., Rochmad, & Agoestanto, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa SMP kelas viii. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 182–189.

Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 355-364.

Inganah, S. (2016). Karakteristik berpikir aljabar siswa pada level multi struktural dalam menggeneralisasi pola. Research Report, 305–14.

Kusumaningsih, W., Setiawan, P. Y., & Utami, R. E. (2020). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96.

Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kritis Siswa Jurusan IPS Pada Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61-76.

Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75.

Rahayu, A. M., Badruzzaman, F. H., & Harahap, E. (2021). Pembelajaran Aljabar Melalui Aplikasi Wolfram Alpha. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 20(1), 51-58.

Salsabila, R. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Peserta Didik Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau dari Gender (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Saputro, GB, & Mampouw, HL (2018). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Smp Pada Persamaan Materi Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Berhitung , 5 (1), 77-90.

Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Afrima Sari, N. dan Yanty Putri Nasution, E. (2023) “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 12 KOTA SUNGAI PENUH PADA MATERI SPLDV”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(2), hlm. 111–116. doi: 10.55719/jrpm.v5i2.580.

Terbitan

Bagian

Articles