ANALISIS KESALAHAN SISWA MTS YANG MEMPUNYAI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i1.586Kata Kunci:
matematika, Pemecahan Masalah, gaya belajar, prosedur newman, analisis kesalahanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan siswa kelas VII MTs Manbail Huda Jenu Tuban yang memiliki gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun datar berdasarkan tahapan Newman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat exploratif. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada kriteria dalam tahapan prosedur Newman. Instrumen utama adalah peneliti, sedang instrumen pendukung adalah lembar tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Manbail Huda Jenu Tuban yang memiliki gaya belajar visual. Instrumen untuk menentukan gaya belajar visual digunakan tes gaya belajar. Subjek yang diwawancara dipilih dari siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan memperhatikan kemampuan mengungkapkan hasil pemikirannya secara lisan maupun tulisan. Siswa yang diwawancara sebanyak tiga siswa dengan gaya belajar visual. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis kesalahan siswa yang memiliki gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan kemampuan memproses (process skill error) dan kesalahan penulisan jawaban (encoding error). Faktor penyebab kesalahan siswa adalah karena siswa kurang yakin dalam menyelesaikan soal, lupa dalam langkah atau proses mengerjakan serta menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan yang diajukan soal dan terburu-buru dalam mengerjakan serta kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan soal.
Unduhan
Referensi
Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-Mia di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, II, 346-359.
Deporter, B, & Hernacki, Mike. (2011). Quantum Learning. Bandung, Indonesia : Kaifa.
Ekayanti, A. (2017). DIAgnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Jurnal “Mosharafah”, 6(1): 105-116. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
Kurniawati, P, R., Hadi, R,F. (2021) Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Newman. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2): 891-902. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3530
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia : PT Remaja Rosdakarya
Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of In-ternational Cooperation in Education, 9(1): 111-122. https://cice.hiroshima-u.ac.jp/wp-content/uploads/publications/Journal9-1/9-1-9.pdf
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis KomputerMengembangkan Profesionalisme abad 21. Bandung, Indonesia : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung, Indonesia : Alfabeta.
Sukmawaty. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Skripsi Maha-siswa Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informat-ika Dan Komputer (Stmik) Kharisma Makassar. Jurnal Retorika, 10(1): 56-65. https://ojs.unm.ac.id/retorika/article/view/4617
Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung,Indonesia : PT. Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematik, 10(2): 128-132. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2037
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.