ANALISIS KESALAHAN SISWA MTS YANG MEMPUNYAI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN

Penulis

  • Zilma Ainin Al Ghofiati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Warli

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i1.586

Kata Kunci:

matematika, Pemecahan Masalah, gaya belajar, prosedur newman, analisis kesalahan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan siswa kelas VII MTs Manbail Huda Jenu Tuban yang memiliki gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun datar berdasarkan tahapan Newman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat exploratif. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada kriteria dalam tahapan prosedur Newman. Instrumen utama adalah peneliti, sedang instrumen pendukung adalah lembar tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Manbail Huda Jenu Tuban yang memiliki gaya belajar visual. Instrumen untuk menentukan gaya belajar visual digunakan tes gaya belajar. Subjek yang diwawancara dipilih dari siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan memperhatikan kemampuan mengungkapkan hasil pemikirannya secara lisan maupun tulisan. Siswa yang diwawancara sebanyak tiga siswa dengan  gaya belajar visual. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis kesalahan siswa yang memiliki gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan kemampuan memproses (process skill error) dan kesalahan penulisan jawaban (encoding error). Faktor penyebab kesalahan siswa adalah karena siswa kurang yakin dalam menyelesaikan soal, lupa dalam langkah atau proses mengerjakan serta menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan yang diajukan soal dan terburu-buru dalam mengerjakan serta kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan soal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-Mia di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, II, 346-359.

Deporter, B, & Hernacki, Mike. (2011). Quantum Learning. Bandung, Indonesia : Kaifa.

Ekayanti, A. (2017). DIAgnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Jurnal “Mosharafah”, 6(1): 105-116. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa

Kurniawati, P, R., Hadi, R,F. (2021) Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Newman. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2): 891-902. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3530

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia : PT Remaja Rosdakarya

Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of In-ternational Cooperation in Education, 9(1): 111-122. https://cice.hiroshima-u.ac.jp/wp-content/uploads/publications/Journal9-1/9-1-9.pdf

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis KomputerMengembangkan Profesionalisme abad 21. Bandung, Indonesia : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung, Indonesia : Alfabeta.

Sukmawaty. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Skripsi Maha-siswa Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informat-ika Dan Komputer (Stmik) Kharisma Makassar. Jurnal Retorika, 10(1): 56-65. https://ojs.unm.ac.id/retorika/article/view/4617

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung,Indonesia : PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematik, 10(2): 128-132. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2037

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Al Ghofiati, Z. A. dan Warli (2023) “ANALISIS KESALAHAN SISWA MTS YANG MEMPUNYAI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(1). doi: 10.55719/jrpm.v5i1.586.

Terbitan

Bagian

Articles