PENGARUH NILAI BAHASA INDONESIA TERHADAP NILAI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs N BLORA
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i1.592Kata Kunci:
regresi, matematika, bahasa, statistikaAbstrak
Bahasa Indonesia merupakan satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di sekolah. Hal tersebut dikarenakan, keterampilan berbahasa Indonesia siswa dapat menunjang keberhasilan di semua bidang studi. Salah satunya mata pelajaran Matematika. Meskipun Bahasa Indonesia dan Matematika sekilas terlihat berbeda, tetapi faktanya kedua mata pelajaran tersebut saling berkaitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh nilai Bahasa Indonesia terhadap nilai Matematika. Penelitian dilakukan di MTs N Blora yang beralamat di Jalan Turirejo KM 0.5, Turirejo, Kec. Jepon, Kab. Blora, Provinsi Jawa Tengah. Dimana penelitian ini dilaksanakan selama 29 hari, mulai tanggal 1 Desember sampai 29 Desember 2022. Dengan target atau sasarannya yaitu siswa kelas VIII MTs N Blora. Pada penelitian ini, kami menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan cara pengumpulan data berdasarkan dokumen tertulis yang berupa data nilai Matematika dan Bahasa Indonesia. Nilai tersebut dapat dilihat pada nilai PTS semester gasal 2022/2023. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Regresi Sederhana. Dari hasil penelitian maka ditentukan persamaan regresi linier sederhana yaitu Y= 22,375 + 0,751 X . Penjelasannya adalah jika nilai Bahasa Indonesia (X) naik sebesar 1 (satuan), maka nilai Matematika (Y) akan bertambah sebesar 0,751. Berdasarkan analisis maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa indonesia memiliki pengaruh signifikan terhadap matematika siswa kelas VIII MTs N Blora. Sebab mata pelajaran bahasa indonesia merupakan mata pelajaran pokok yang diajarkan di sekolah, dimana keterampilan berbahasa Indonesia siswa nantinya dapat menunjang keberhasilan di semua bidang studi. Salah satunya mata pelajaran Matematika.
Unduhan
Referensi
Abdillah, R., Susiwo, & Susanto, H. (2022). Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Ditinjau dari Gaya Belajar Sisawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 84-97.
Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Reaserch, 203-213.
Budiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian . Surakarta: UNS Press.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heriyati, & Pratiwi, N. K. (2021). Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar. Theorems, 67-76.
Marlina, E. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik pada Pembelajaran Matematika melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Journal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 12-16.
Nurdawani, A. Pengaruh Penguasaan Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD INPRES Bontomanai Kota Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.
Panggabean, Y. E., Mulyono, & Banjarnahor, H. (2022). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 49-59.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 58-67.
Sidqi, M. B., & Rachmawati, L. (2019). Pengaruh Nilai Matematika Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X iis SMA Negeri 17 Surabaya. JUPE, 82-91.
Siregar, S. (2015). Statistika Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyitno, H. (2008). Hubungan Antara Bahasa dengan Logika dan Matematika Menurut Pemikiran Wittgenstein. Humaniora, 26-37.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.