PENGUJIAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS KONSTRUK INSTRUMEN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI)

Penulis

  • Heni Purwati Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.61

Kata Kunci:

CAI, kreativitas, convirmatory factor analysis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas konstruk instrumen kreativitas, mengetahui kontribusi aspek-aspek dan indikator-indikator kreativitas dalam mengukur variabel kreativitas serta mengkonfirmasikan model yang dihipotesiskan yaitu kecocokan model dengan data dengan menggunakan Second order confirmatory factor analysis (2nd Order CFA). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 105 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik non-probability sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Linear Structural Model (LISREL) versi 8.8. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality) dan penguraian (elaboration), mampu merefleksikan variabel kreativitas secara positif, valid dan signifikan yang didukung dengan indikator-indikator perilaku masing-masing aspek. Model teoritik variabel kreativitas sesuai (fit) dengan data empirik. Aspek-aspek kreativitas valid dan signifikan serta reliabel untuk mengukur kreativitas mahasiswa. Aspek paling dominan yang merefleksikan kreativitas adalah aspek originality dan aspek paling lemah adalah flexibility.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alessi, S.M. dan Trollip, S.R. (1985). Computer-based Instruction: Method and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Alimuddin, (2009). Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Tugas-tugas Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta

Ghozali I., & Fuad. (2012). Structural equation modeling, teori,konsep dan aplikasi dengan program LISREL 8,8. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., Black, W.J., Babin, B.J., & Anderson, R.E. (2010). Multivariate data analysis. Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall.

Hendryadi & Suryani. (2014). Structural Ecuation Modeling dengan Lisrel 8.80 Pedoman untuk Pemula. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Kenedi. (2017). Pengembangan kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Vol. 3, No. 2, Juni 2017 : 329 – 347

Mioduser, D and etc. 2000. The learning value of computer-based instruction of early reading skills. Journal of Computer Assisted Learning, 16, 54-63

Richardo. R, Mardiyana, Saputro. DRS. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar SISWA (Studi Pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/ 2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika,. Vol 2, No. 2 : hal 141 – 151.

Surjono, H. (1995). Pengembangan Computer Assisted Innstruction (CAI) Untuk Pelajaran Elektronika. Jurnal Pendidikan. No. 2 (XXV): 95 -106

Wheeler, S. and etc. (2002) Promoting Creative Thinking Through The Use Of ICT. Journal of Computer Assisted Learning, 18, 367-378

Wijayanto, S.H. (2008). Structural equation modeling dengan LISREL 8.8. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yulianto, B & Layona, R. (2015). Penerapan Computer Assited Instruction (CAI) untuk membantu guru sekolah dasar dalam mengajar kebudayaan Indonesia. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer. Vol. 04, No. 14, April – Juni 2015: 201 – 210

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-16

Cara Mengutip

Purwati, H. dan Nugroho, A. A. (2019) “PENGUJIAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS KONSTRUK INSTRUMEN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI)”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), hlm. 1–6. doi: 10.55719/jrpm.v1i1.61.

Terbitan

Bagian

Articles