ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI LOGIKA MATEMATIKA

Penulis

  • Imam Saifuddin Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Khozinatul Ulum Blora

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.63

Kata Kunci:

Pemecahan Masalah, logika matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah logika matematika siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan statistik deskriptif, yaitu dengan data kualitatif yang digunakan berupa pengamatan terhadap langkah-langkah problem posing dan kemampuan pemecahan masalah siswa saat pembelajaran berlangsung. Data berupa hasil tes karya siswa dan pengumpulan data dilakukan wawancara dengan 3 mata pelajaran yang mewakili berbagai tingkatan, yaitu siswa dengan kemampuan rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) siswa tidak memahami masalah seperti tidak menghubungkan informasi yang diperoleh; b) siswa kurang mampu mengatur langkah-langkah untuk merencanakan penyelesaian dengan baik; c) siswa tidak melaksanakan rencana untuk semua pertanyaan; d) siswa tidak dapat membuat kesimpulan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

As’ari, A.R. (2000). Problem Posing untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Matematika. Jurnal Matematika. V, (1) .

Gordah, Eka K. (2009). Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pendekatan Open Ended (Studi Eksperimen pada SMU “X” Di Bandung). Tesis UPI Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.

Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika (Suatu Kajian Eksperimen pada Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP). Jurnal Penelitian Pendidikan. 12, (1).

Muhfida. (2010). Pendekatan Problem Posing. [Online]. Tersedia: http://www.muhfida.com/pendekatanproblemposing.html.

Sari,Virgania. (2007).Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing Dibanding Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotition) Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 16 Semarang Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan Tahun Pelajaran 2006/2007. [Online]. Tersedia: http: //digilib. unnes.ac.id/gsdl/collect/skrip si/archives/HASHe58a.dir/doc.pdf.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Silver, E.A. (1994). “On Mathematical Problem Posing”.For the Learning of Mathematics. (1), 19-28.

Silver, E.A. & Cai, S.. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students,Journal for Research in Mathematics Education.27: 521-539.

Siswono, Y.T.E. (2000).Pengajuan Soal (Problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Implementasi dari Hasil Penelitian). Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pengajaran Matematika Sekolah Menengah, 25 Maret 2000. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Suharta, I.G.P. (2000). Pengkonstruksian Masalah oleh Siswa (Suatu Strategi Pembelajaran Matematika).Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pengajaran Matematika di Sekolah Menengah yang dilaksanakan oleh Jurusan Matematika FMIPA UM. Malang, 25 Maret 2000

Suryanto. (1998). Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional: Upaya-upaya Meningkatkan Peran Pendidikan dalam Menghadapi Era Globalisasi. Program Pascasarjana IKIP Malang, 4 April 1998.

Sutiarso, S. (1999). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Aritmatika Siswa SMPN 18 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Program Pascasarjana UM.

Syarifulfahmi. (2009). Pendekatan Pembelajaran Problem Posing. [Online]. Tersedia: http://syarifulfahmi.com/2009/09/pendekatan-pembelajaran problem posing.html.

Tim PTM (Penelitian Tindakan Matematika). (2002). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerapkan Konsep Matematika Melalui Pemberian Tugas Problem Posing secara Berkelompok . Buletin Pelangi Pendidikan Volume 2. Jakarta. Direktorat Pendidikan.

Whidiarso, W. (2007).Uji Hipotesis Komparatif . [Online]. Tersedia: http://elisa.ugm.ac.id/files/wahyu_psy/maaio0d2/Membaca_t-tes.pdf.

Yonandi. (2011).Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuana Komputer Pada Siswa SMA. Desertasi UPI Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-16

Cara Mengutip

Saifuddin, I. (2019) “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI LOGIKA MATEMATIKA”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), hlm. 11–18. doi: 10.55719/jrpm.v1i1.63.

Terbitan

Bagian

Articles