Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.714Kata Kunci:
SSCS, kemampuan pemecahan masalah matematis, motivasi belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SSCS berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu the nonequivalent posstest-only control group. Peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bandongan menjadi sampel pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anava dua jalan dan uji lanjut pasca Anava yaitu uji Scheffe, ditemukan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran SSCS berbantuan LKPD lebih baik daripada peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran langsung, 2) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada peserta didik yang memiliki motivasi belajar sedang dan rendah serta kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan motivasi belajar sedang lebih baik daripada peserta didik dengan motivasi belajar rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
Unduhan
Referensi
Agsya, F.M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa MTS. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31-44.
Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8, 1-9.
Akuba, S.F., Purnamasari, D. & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 44-60.
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.
Fatmawati, F. & Murtafiah, M. (2018). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Majene. Jurnal Saintifik, 4(1), 63-73.
Febriyanti, C. & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31-41.
Fransiska, R., Anwar, A., & Syahjuzar, S. (2022). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar di SMA Al-‘Athiyah Tahfidz Al-Qur’an Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(1), 140-151.
Ismet. (2022). Penerapan model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP N 6 Pasaman JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(10).
Khaillasiwi, O. & Purwanto, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create And Share) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMA Negeri 45 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 44-50.
Kholifah, N., Sudira, P., Rachmadtullah, R., Nurtanto, M. & Suyitno, S. (2020). The effectiviness of using blended learning models against vocational education student learning motivation. International Journal, 9(5), 7964-7968.
Kusumaningsih, W., Sutrisno & Hidayah, F. (2019). Efektivitas model pembelajaran SAVI dan REACT berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197-206.
Luthfiyah, A., Valentina, B.K., Ningrum, F.Z., Islammudin, M. & Zumrotun. (2021). Model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 59-68.
Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383-390.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nugraha, M.R. & Basuki, B. (2021). Kesulitan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP di Desa Mulyasari pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235-248.
Nuraini, N. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada materi turunan fungsi aljabar dengan metode tutor sebaya. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 9-14.
Nurhayati, I., Yusandika, A.D., Basyar, S. & Anjelinar, Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran novick berbantuan LKPD terhadap kemampuan kognitif siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3).
Periartawan, E., Japa, I.G.N., & Widiana, W. (2014). Pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di gugus XV Kalibukbuk. Mimbar PGSD, 2(1).
Sari, M.Y., Rohana, R., & Ningsih, Y.L. (2019). Pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 28 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), 92-102.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis model realistic mathematics education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59-67.
Utami, F.D., Djatmika, E.T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep, sikap ilmiah, dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1629-1638.
Zulkarnain, Zulnaidi, H., Heleni, S. & Syafri M. (2021). Effects of SSCS teaching model on student’s mathematical problem-solving ability and self-efficacy. International Journal of Instruction, 14(1), 475-488.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.