A Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan

Penulis

  • Siti Hawa Siregar Universitas Negeri Medan
  • Waminton Rajagukguk Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.729

Kata Kunci:

Konsep Diri, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri Medan dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 sebanyak 49 siswa yang diambil dengan teknik Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: Tes pemahaman konsep matematika yang terdiri dari 8 butir soal; Angket konsep diri dengan 26 butir pernyataan; dan Angket kemandirian belajar dengan 27 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan: 1). Konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep matematika; 2). Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep matematika; 3. Konsep diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep matematika; dan 4). Besar kontribusi konsep diri dan kemandirian belajar secara simultan terhadap pemahaman konsep matematika sebesar 52,8%, sedangkan 47,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Afriyola, F., Rahmi, & Delyana, H. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 190-204. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v4i2.7912

Anjelina, Z. (2019). Pengaruh Konsep Diri DAN disiplin Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei pada SMP Negeri di Tangerang Selatan). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(2), 136-141.

Citra, R. (2017). Komparasi Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas VII SMP Negeri Merangin, Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 23-31.

Damarhadi, S., Mijidin, & Prabawanti, C. (2020). Gambaran Konsep Diri pada Siswa SMA Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(3), 251-259. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.4392

Dewi, N., Asifa, S. N., Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Pythagras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48-54.

Edi, E. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 251-258.

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Guru, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53-61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 23-34.

Hikmah. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Saintifik, 3(1), 24-30. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.108

Isa, M. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei pada SMA Negeri Kota Tangerang Selatan). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 285-293.

Juliyanti, A., & Pujiastuti, Heni. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75-83. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Kidjab, M. R., Ismail, S., Abdullah, A. W. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika SMP. EULER: Jurnal Matematika, Sains, Teknologi, 7(1), 25-31. https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330

Kue, H. A., Badu, S. Q., Resmawan, & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 39-46. https://doi.org/10.55657/rmns.v1i1.8

Kurniasih, S., Darwan, Muchyidin, A. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa melalui Mobile Learning Berbasis Android. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(2), 140-149. http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7041

Lasabuda, N. E. (2017). Pengembangan Media Youtube dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian di SMK Kesehatan Nusantara Gorontalo). JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2), 270-275.

Leonard & Supardi, U. S. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 341-352. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362

Manurung, A. S., & Halim, A. (2020). Pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 51-57. Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/3102

Marsh, H.W., Xu, K., & Martin, A.J. (2012). Self-concept: A synergy of theory, method, and application. In K. Harris., S. Graham., & T. Urdan (Eds). APA Educational Psychology Handbook. Washington, DC: American Psychological Association.

Nastiti, F. N. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Plosoklaten pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8-15. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i1.80

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1952

Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick on the Draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 97-107. http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v1i2.1051

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892

Permana, Y., Mumtaazy, A. D., & Rohendi. (2021). Tantangan Pendidikan Indonesia dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Abad 21. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 017. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32709

Rahayu, A. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789-798. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p789-798

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Regina, U. C., Toriana., Anitra, R., & Setyowati, R. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas V. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 154-162. 10.25134/pedagogi.v8i2.4896

Septiyani, N. O., & Alyani, F. (2021). Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3 (2), 133-144. Retrieved from https://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/VoJ/article/view/413

Setiawan, W. A., & Anawati, S. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 381-390.

Sholihah, S. A., & Mariana, N. (2020). Deskripsi Konsep Diri Akademik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berdasarkan Sudut Pandang Kultural. JPGSD, 8(2), 281-291.

Simanjuntak, J., Simangunsong, M. I., Tiofanny, Naibaho, T. (2021). Perkembangan Matematika dan Pendidikan Matematika di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SEFREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 32-39.

Solihah, A., Aditya, D. Y, & Kamali, A. S. (2022). Pengaruh Gaya dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Berajah Journal, 2(2), 231–240. https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.82

Sumartini, T. S. (2015). Mengembangkan Self Concept Siswa melalui Model Pembelajaran Concept Attainment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 48-58. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n2_1

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Utami, C., Suryani, N. E., Susanti, E., Aisha, N., Wijaya, P. S., & Buyung. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Masa Pandemi. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 62-69. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3541

Wati, N. S. (2019). Pengembangan Instrumen Konsep Diri Matematika Siswa. PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 1(1), 45-54. Retrieved from https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat/article/view/5066

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Siregar, S. H. dan Rajagukguk, W. (2023) “A Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(2), hlm. 71–82. doi: 10.55719/jrpm.v5i2.729.

Terbitan

Bagian

Articles